Hari Kedua, Belum Ada Calon yang Mendaftar di Pemilihan Kuwu Desa Wanayasa

oleh -113 views
ilustrasi
ilustrasi

CIREBON – Helatan pemilihan kuwu di Kabupaten Cirebon jatuh di Bulan November 2021. Desa Wanayasa, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon akan melakukan hajatan enam tahun sekali tersebut.

Desa Wanayasa, Desa Ciawi Gajah dan Desa Cipinang adalah tiga desa di Kecamatan Beber yang akan melakukan pemilihan kuwu baru untuk periode 2021-2027.

Panitia Pemilihan Kuwu Desa Wanayasa, sejak tanggal 17 September 2021 sudah membuka pendaftaran kepada bakal calon kuwu untuk mengambil formulir pendaftaran.

Pendaftaran tahap satu tersebut akan berakhir tanggal 24 September 2021 mendatang dengan melihat bakal calon yang sudah terjaring.

“Jika di tahap pertama ini sudah terjaring minimal dua calon, maka pendafataran akan ditutup,” ujar Iming salah satu Panitia Pemungutan Suara (PPS) kepada radarcirebon.com, Sabtu (18/9).

Iming menambahkan, jika di tahap pertama baru terjaring satu calon, maka pendaftaran calon kuwu Desa Wanayasa tahap dua akan dibuka kembali. “Dari tanggal 25 September hingga 1 Oktober 2021,” tambah Iming.

Disamping melakukan sosialisi pelaksanaan pemilihan kuwu, PPS yang berjumlah sembilan anggota tersebut juga ditarget harus bisa menjaring bakal calon kuwu.

“Selain calon yang sudah terjaring, kelengkapan berkas juga menentukan,” kata Lukman Nulhakim, anggota PPS yang lain.

Menurut Lukman, jika pendaftaran di tahap pertama berhasil mendapatkan dua calon, tetapi jika salah satu calon berkasnya kurang lengkap, maka pendaftaran tahap dua akan dibuka.

“Begitu pun jika di tahap pertama ada tiga calon, dan salah satu calon misalnya berkasnya kurang lengkap, maka pendaftaran akan ditutup karena minimal dua calon sudah terjaring,” beber Lukman.

Namun hingga hari kedua, belum ada tanda-tanda bakal calon yang sudah menyerahkan formulir pendaftaran kepada panitia PPS.

“Baru ada yang mengambil formulir pendaftaran saja di hari pertama,” tukas Lukman.

Disinggung berapa jumlah bakal calon yang akan maju di pemilihan kuwu Desa Wanayasa, Lukman tidak memberikan jawaban pasti.

“Banyak kemungkinan, barangkali mereka (calon kuwu,red) menunggu momen yang pas untuk mengembalikan formulir pendaftaran,” pungkasnya. (brd)

Baca juga: