Jika Jokowi 3 Periode, Relawan Mengancam Siap Jadi Lawan

oleh -188 views
jokowi-3-periode
Presiden Jokowi. FOTO: SETPRES

JAKARTA – Wacana presiden 3 periode sudah berkali-kali ditolak oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Relawan Jokowi Mania (JoMan) sepakat dengan sikap Jokowi tersebut.

Ketua JoMan, Immanuel Ebenezer menilai, wacana 3 periode sudah tidak relevan. Immanuel mengatakan apabila Jokowi mengubah sikap dan menerima usulan 3 periode, maka JoMan yang menjadi pendukung Jokowi selama ini, akan mengubah arah menjadi lawan Jokowi.

“Kalau Jokowi mengaminkan gagasan 3 peirode, lawannya ya kita, kawan-kawan media juga. Beliau sadar dan paham akan itu. Jokowi tidak mau mengecewakan pendukung soal kekuasaan. Beliau teruji tidak haus kekuasaan,” kata Immanuel Ebenezer di sela-sela deklarasi relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania di Hotel Garden Palace Surabaya, dikutip FIN Ahad (1/9/2021).

Immanuel mengatakan, JoMan ikut sikap presiden yakni menolak 3 periode dan juga menolak perpanjang masa jabatan menjadi 3 tahun. Sebab gagasan itu sudah tidak relevan.

“Menurut kami sudah tidak relevan lagi untuk membicarakan persoalan 3 periode dan wacana perpanjangan,” kata pria yang akrab disapa Noel ini.

Noel mengatakan, relawan sebenarnya masih berharap Jokowi masih menjabat sebagai presiden selepas masa jabatannya habis di tahun 2024 mendatang. Namun, aturan konstitusi menghambat hal tersebut.

“Relawan Jokowi ini kan masih berharap Jokowi ini untuk memimpin. Problemnya kan ada batasan konstitusi yang tidak memungkinkan Jokowi melanjutkan kekuasaannya,” katanya.

“Kekuasaan itu kita lihat dengan sikap beliau yang menolak 3 periode dan perpanjangan masa pemerintahannya. Itu ditegaskan beliau, sampai 2024 tidak ada wacana ini. Artinya sikap beliau kita hargai apalagi kita sebagai aktivis 98, dan mayoritas aktivis pendukung Jokowi,” sambungnya.

Noel juga mengungkapkan, alasan dirinya mendukung Ganjar. Salah satu pertimbangannya adalah, sosok Ganjar yang memiliki integritas tinggi.

“Atas pertimbangan itulah JoMan coba menggagas calon ke depan ini siapa. Dan hari ini kita lihat jatuhnya ke Mas Ganjar. Beliau sosok yang hari ini kita lihat memiliki integritas, memiliki komitmen kebhinekaan, dan gak kalah penting beliau merakyat,” tuturnya. (dal/fin)

Baca juga: