Menkes Sebut Covid-19 Tak Semematikan TBC dan HIV, Tapi…

oleh -48 views
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Foto: Setkab

JAKARTA – Virus corona atau covid 19 tak semematikan HIV maupun TBC. Tetapi, tidak mudah untuk mengakhiri pandemi dan bergeser ke endemi.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. Meski tidak semematikan TBC maupun HIV, tetapi covid-19 memiliki daya tular yang sangat kuat.

“Potensi penyembuhan karena terpapar covid-19 80 persen sembuh sendiri, 20 persen masuk RS, 5 persen masuk ICU dan 2 persen kematian,” kata menkes.

Tetapi dia mengingatkan, bahaya penularan covid-19 tidak bisa dianggap enteng. Karenanya upaya pencegahan dengan menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak tidak bisa ditawar.

Tidak hanya itu, upaya 3T perlu terus dijalankan. Budi juga mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi agar antibodi manusia dapat beradaptasi ketika terpapar.

Sehingga, dapat mempersingkat durasi penyembuhan dari 14 hari dan meminimalkan risiko kematian.

Budi menambahkan, dalam mengubah pandemi menjadi endemi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, dalam sejarah pandemi tidak ada yang selesai dengan cepat.

“Black death puluhan juta yang meninggal, kemudian dalam perang dunia ada Spanish flu, lalu ada polio, cacar. Yang paling cepat 5 tahun, polio mungkin ratusan tahun dan masih ada sekarang belum selesai-selesai,” katanya. (yud/jpg)

Baca juga: