Pandemi Covid-19 Diprediksi Berakhir Tahun Depan, Vaksin Tidak Cukup 2 Kali

oleh -52 views
VAKSIN PELAJAR: Siswa SMP dan SMA Santa Maria 1 Cirebon mendapat vaksin kedua, dari Sabtu-Minggu (4-5/9). Vaksinasi ini sebagai bentuk kesiapan dari sekolah menghadapi pembelajaran tatap muka. FOTO: ABDULLAH/RADAR CIREBON

JAKARTA – Kapan pandemi covid 19 berakhir? Bos Moderna, Stephane Bancel membuat prediksi. Dia menyebut vaksin sebagai hal yang paling menentukan.

Dalam wawancara Stephane Bancel dengan Koran Swiss, Neue Zuercher Zeitung, dia menyebutkan bahwa vaksinasi akan menentukan kecepatan dari pandemi covid-19 berakhir.

“Jika Anda melihat ekspansi kapasitas produksi industri yang luas dalam 6 bulan terakhir, akan tersedia dosis yang cukup pada pertengahan tahun depan sehingga semua orang di dunia bisa divaksinasi,” kata Stephane.

Dia tidak menampik dibutuhkannya bosster vaksin ketiga dan berikutnya. Ini untuk terus menjaga kekebalan masyarakat terhadap virus corona.

Bancel memerkirakan, pandemi covid-19 bakal berakhir pada pertengahan 2022. Tetapi, dia kembali menekankan mengenai pentingnya vaksinasi. Termasuk untuk anak-anak, yang juga akan segera tersedia.

Seperti diketahui, pandemi covid-19 di dunia telah berlangsung sejak 2020. Diawali dari lonjakan kasus dan penyebaran yang masif di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Yang kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia. Meski kini di beberapa negara telah menunjukkan adanya pengendalian infeksi, namun di beberapa negara termasuk Asia Tenggara, Amerika Serikat, justru sedang menunjukkan tren lonjakan kasus pada gelombang ketiga. (yud)

Baca juga: