SMK Binaan Astra Honda Makin Tersebar Luas di Jabar

oleh -21 views
DONASI: Penyerahan donasi secara simbolis dari PT Astra Honda Motor berupa Standar Service Tools & Equipment yang diserahkan Technical Development Departement Head PT Daya Adicipta Motora Yudi Heriyadi kepada Kepala Sekolah SMK Pasundan 2 Garut Mokh Ganjar Nurkoyim SPd MPd.FOTO: DAM FOR RADAR CIREBON

BANDUNG- PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat kembali meresmikan kerjasama dengan 5 (lima) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat untuk mengimplementasikan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda yang dilakukan secara daring, Selasa (21/9).

Bergabungnya ke-5 SMK itu menambah jumlah SMK yang bekerjasama dengan DAM. Saat ini sudah 135 SMK yang tersebar di seluruh Jawa Barat sudah melakukan kerja sama sebagai SMK KTBSM Astra Honda.

Peresmian dan penandatangan MoU disaksikan langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI, Ketua Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Pasundan, dan jajaran manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT DAM.

Adapun kelima SMK yang menanda tangani kerja sama yaitu SMK Pasundan 2 Garut, SMK Plus Sukaraja Garut, SMK Rosma Karawang, SMK Negeri 1 Anjatan Indramayu, dan SMK Mutiara Qolbu Cianjur.

General Manager Technical Service DAM Denny Budiman mengatakan sejalan dengan upaya pemerintah mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan vokasi industri, kurikulum TBSM Astra Honda disusun secara berkesinambungan guna mendukung implementasi program link and match dunia pendidikan dan dunia industri.

Tujuannya mampu untuk membentuk peserta didik dan lulusan terampil yang berdaya bersaing, sehingga memiliki kompetensi dan bisa memenuhi kebutuhan industri.

SMK yang bekerja sama dengan Honda tidak hanya berupa kurikulum teknik sepeda motor Honda, namun juga berbagai kegiatan untuk meningkatkan keahlian siswa dan guru juga diadakan, misalnya uji kompetensi guru dan seminar teknologi.

SMK yang sudah bersertifikat TUK (Tempat Uji Kompetensi) juga dapat melakukan uji kompetensi secara mandiri. “Hingga saat ini lebih dari 600 lulusan SMK KTBSM Astra Honda sudah bekerja di seluruh jaringan AHASS yang tersebar di Jawa Barat,” tambah Denny.

Secara reguler, untuk meningkatkan dan mengasah skill siswa SMK, DAM mengadakan kompetisi mechanic skill for student tingkat Jawa Barat yang akan mewakili Jawa Barat di ajang Mechanic Skill Contest for Student yang diselenggarakan oleh AHM dimana pada tahun ini diselenggarakan secara daring. (*/rc/rls)