Resmikan Budidaya Ikan di Cirebon, Wagub Uu: Tingkatkan Ekonomi Pesantren Lewat OPOP

oleh -41 views
Program kewirausahaan budidaya ikan di Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin, Kota Cirebon, Sabtu (25/9). (Foto: Biro Adpim Jabar)
Program kewirausahaan budidaya ikan di Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin, Kota Cirebon, Sabtu (25/9). (Foto: Biro Adpim Jabar)

CIREBON – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Program Kewirausahaan Budidaya Ikan Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin, Kota Cirebon, Sabtu (25/9). Program wirausaha pesantren ini berbasis peternakan ikan lele, nila, patin, dan banyak lagi.

Pesantren Ihya Ululudddin merupakan salah satu pemenang program One Pesantren One Product (OPOP) yang jadi program unggulan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar).

“Kota Cirebon sudah meresmikan program OPOP dalam bidang perikanan bioflok, sangat luar biasa,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Bioflok merupakan salah satu teknologi budidaya ikan melalui rekayasa lingkungan yang mengandalkan pasokan oksigen dan memanfaatkan mikroorganisme yang secara langsung dapat meningkatkan produksi ikan.

Menurut Uu, Pemdaprov Jabar konsisten menjalankan OPOP, agar menjadikan pesantren sebagai basis pergerakan ekonomi masyarakat. Sebab, agama tidak akan tegak jika tidak ditunjang ekonomi.

“Kami berusaha untuk meningkatkan ekonomi pondok pesantren lewat OPOP,” tutur Uu.

Dia berharap program OPOP bisa jadi stimulus pesantren, yang tidak saya jadi pusat dunia pendidikan, tapi juga jadi pusat kreatifitas dan inovatif dalam ekonomi. Sehingga, pesantren dapat mandiri. 

“Semoga program ini bisa bermanfaat bagi pondok pesantren. Efek dominonya akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” pungkasnya. (jun)

Baca juga: