PPKM Diperpanjang, Luhut: Kota Cirebon Turun ke Level 2

oleh -472 views
kota-cirebon-ppkm-level-2
Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

JAKARTA – Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan bahwa ada 3 daerah non aglomerasi yang turun ke PPKM Level 2, yakni Kota Cirebon, Banjar dan Madiun.

Hal itu, diungkapkan Luhut bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam jumpa pers virtual yang diikuti radarcirebon.com, Senin (4/10/2021).

Luhut mengatakan hingga saat ini masih terdapat 20 kabupaten/kota yang bertahan di PPKM level 2. Daerah tersebut didominasi oleh Semarang Raya dan Solo Raya.

Terdapat juga sejumlah daerah yang harus turun dari level 2 ke 3, karena cakupan vaksinasi yang masih kurang.

Pemerintah juga memutuskan tetap menerapkan PPKM Level 1 hingga 4. Adapun PPKM diperpanjang selama 14 hari, yakni 5-18 Oktober 2021. Meski demikian, dilakukan pelonggaran pada sejumlah sektor.

Misalnya konter makanan dan minuman di dalam bioskop diperbolehkan buka. Namun, kapasitas bioskop tetap maksimal 50 persen di wilayah PPKM level 3, 2, dan 1.

Selain itu, akan dilakukan pula pembukaan pusat kebugaran atau fitness center dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan pemberlakuan prokes ketat dan screening PeduliLindungi pada wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Yogyakarta, dan Surabaya Raya.

Luhut mengatakan, berbagai pelonggaran dilakukan lantaran situasi pandemi virus corona di Indonesia terus menunjukkan perbaikan.

“Kasus konfirmasi nasional turun 98 persen dan kasus konfirmasi Jawa-Bali juga menunjukkan penurunan hingga 98,7 persen dari puncaknya pada 15 Juli lalu,” kata dia.

Meski demikian, ia mengingatkan masyarakat agar tak mengalami euforia dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. (yud)

Baca juga: