Macan Tutul Jawa Slamet Ramadhan Kini Berumur 3 Tahun, Diprediksi Sudah Keliling Gunung Ciremai

oleh -3.393 views
slamet-ramadhan
Slamet Ramadhan kembali terekam camera trap petugas Monitoring Macan Tutul Jawa TNGC. Foto: Dok. TNGC

MAJALENGKA – Macan Tutul Jawa yang dinamai Slamet Ramadhan, diprediksi telah mengelilingi Gunung Ciremai, sejak dilepas liarkan di sana.

Slamet Ramadhan yang kini berusia 3 tahun sejak dilepas pada Juli 2019 di sekitar Bukit Seribu Bintang (BSB), sempat menjelajah ke beberapa lokasi rimba.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Robi Gumilang mengungkapkan, kondisi satwa puncak rantai makanan tersebut sehat dan mangsa cukup melimpah.

“Umur Slamet 3 tahun. Saat ini makanan Slamet di Gunung Ciremai melimpah, yakni babi hutan, kujang, monyet, tapi memang beberapa spesies yang ada,” ucapnya.

Untuk terus memantau raja Gunung Ciremai itu, pihak Balai TNGC terus memonitoring dengan cara menyimpan sejumlah kamera pengintai yang tersebar di seluruh kawasan Gunung Ciremai.

“Kami monitoring terus, pengamatan di lapangan eksplorasi, dengan menggunakan kamera trap. Ada 12 kamera, 6 di Kuningan dan 6 Majalengka dan 4 cadangan,” jelas dia.

Posisi Slamet Ramadhan juga diperkirakan terus berpindah, karena melakukan eksplorasi wilayah.

Sebelum terlihat oleh warga 2 kilometer dari Blok Cipager, Desa Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Slamet terpantau berada di sekitar Argamukti.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: