Masjid Futuristik di Majalengka, Telan Anggaran Rp4,9 Miliar

oleh -89 views
masjid-futuristik-majalengka
Masjid unik dengan gaya futuristik dibangun di lahan eks Mapolres Majalengka Jl Bhayangkara.

MAJALENGKA – Pembangunan masjid serta taman di sekitarnya menelan angka Rp4,9 miliar. Bangunan unik dengan gaya futuristik itu berada di eks Mapolres Majalengka Jl Bhayangkara.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Majalengka Mamat Surahmat mengungkapkan, masjid dibangun di lahan 5 ribu meter persegi sejak 2020 lalu.

Selain masjid juga di lahan tersebut telah dibangun taman.

Menurutnya, anggaran untuk pembangunan tersebut dialokasikan dari APBD Kabupaten tahun 2020 lalu senilai kurang lebih Rp4,9 miliar.

“Pembangunan masjid bergaya futuristik di Majalengka bekas mapolres ini dilakukan dalam dua tahap. Yakni, pada tahun 2020 dan penyelesaiannya dilakukan tahun 2021 ini,” jelasnya.

Mamat mengungkapkan, tahun lalu difokuskan untuk menyelesaikan masjid dan areal taman sekitar masjid yang luasnya lebih dari setengah luas lahan yang ada.

Sementara, pada tahun 2021 dilanjutkan kembali untuk membangun gerai dan penambahan penataan kawasan lainnya.

“Masjidnya mungkin kecil namun bergaya futuristik. Hanya terasnya yang luas. Arsitekturnya dilakukan oleh konsultan PT Marga Sarana Bumi, Bandung,” beber Mamat, kemarin.

Di sekitar lokasi juga, tidak hanya ada masjid dengan desain yang menakjubkan, namun ada taman yang juga berkelas melengkapi keindahan masjid.

“Saat ini di sekitar masjid futuristik itu juga sedang dibangun gerai. Insya Allah jika sudah selesai akan diresmikan akhir tahun atau awal tahun 2022 mendatang,” ucapnya.

Mamat menjelaskan, dibangunnya masjid bergaya futuristik dimaksudkan agar ruang publik di Majalengka memiliki ciri khas. Selain itu mendorong agar wisatawan bisa datang ke Kabupaten Majalengka.

“Harapannya masyarakat dapat lebih nyaman untuk beraktivitas di ruang publik dan tentunya semakin giat ibadah meski berada di luar rumah,” tandasnya. (ono)

Baca juga: