Khitanan Massal, Cara Lanal Cirebon Dekat Dengan Rakyat

oleh -26 views
Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera meninjau pelaksanaan khitanan massal untuk warga sekitar di Mako Lanal Cirebon, Sabtu (9/10). (Foto: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM)
Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera meninjau pelaksanaan khitanan massal untuk warga sekitar di Mako Lanal Cirebon, Sabtu (9/10). (Foto: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM)

CIREBON – Bagi muslim laki-laki, khitan atau sunat adalah hal yang wajib dilakukan. Khitan lebih utama dilakukan saat usia anak-anak, karena lebih mudah.

Selain sebagai syariat yang harus dijalankan oleh setiap muslim laki-laki. Khitan juga punya banyak manfaat dari segi medis.

Berdasarkan catatan RSUP dr Sarjito, manfaat khitan antara lain, mengurangi resiko infeksi penyakit seksual menular, mencegah penyakit pada penis (alat kelamin laki-laki, red), mengurangi resiko infeksi saluran kemih, mengurangi resiko kanker serviks pada pasangan dan membuat kesehatan penis lebih terjaga.

Khitan juga menjadi bagian dari tradisi muslim di Indonesia, biasanya setiap keluarga menggelar acara syukuran apabila anak laki-lakinya dikhitan, baik digelar secara sederhana maupun mewah.

Karena sangat sakralnya khitanan ini, banyak pihak yang mencoba menjebatani atau membantu keluarga yang tidak mampu untuk mengkhitankan anak laki-lakinya.

Salah satu pihak yang biasa rutin menggelar acara khitanan secara massal adalah Pangkalan TNI AL Cirebon (Lanal Cirebon).

Sebagai bagian dari pengamanan kedaulatan NKRI, sudah seyogyanya TNI dekat dengan rakyat. Salah satu upayanya adalah, menjembatani atau memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan dasar dari rakyat itu sendiri, salah satunya khitanan.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan TNI AL, sekaligus masih dalam  rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI, Pangkalan TNI AL Cirebon (Lanal Cirebon) menggelar khitanan massal untuk warga sekitar.

Khitanan massal tersebut dilaksanakan serentak Lanal se-Indonesia secara live streaming. Untuk di Cirebon kegiatan tersebut berlangsung di ruang serbaguna Mako Lanal Jl Yos Sudarso, Kota Cirebon, Sabtu (9/10).

“Adapun jumlah anak yang dikhitan hari ini sebanyak 15 orang yang semuanya merupakan masyarakat umum yang tinggal di sekitar Mako Lanal,” kata Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera.

Dia menuturkan, sebelum menggelar khitanan massal, pihaknya sudah menggelar vaksinai Covid-19 untuk 1000 orang yang difokuskan titiknya di Stikes Mahardika, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Rangkaian acara selanjutnya adalah pelaksanaan lomba menembak untuk umum yang akan digelar Minggu (10/10) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang maksimal.

Melalui pelaksanaan rangakaian kegiatan Hari Kesehatan TNI AL, Danlanal berharap, Lanal Cirebon bisa memberikan kontribusi pada kesehatan masyarakat khususnya yang berada di wilayah Lanal Cirebon.

“Saya berharap kegiatan Lanal Cirebon dapat menjadi bagian dari ibadah dan berkah serta membantu masyarakat dalam sisi kesehatan. Mudah-mudahan kegiatan-kegiatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat dan semua sehat,” pungkasnya. (rdh)

Baca juga: