Bank Sampah Berhadiah Emas Grebeg Pasar, Jual Sampah ke Radar Cirebon, Dapat Kupon Plus Uangnya

oleh -54 views
JUAL SAMPAH: Masyarakat dan pedagang Pasar Pusat Perdagangan Harjamukti antusias menjual sampah di event Grebeg Pasar Bank Sampah Berundian Emas, Sabtu (9/10) pagi. FOTO: Jerrell/radar Cirebon

CIREBON – Radar Cirebon Group menggelar Grebeg Pasar Bank Sampah Berundian Emas, Sabtu (9/10) pagi, Tepatnya di Pasar Pusat Perdagangan Harjamukti (PPH) atau yang lebih dikenal sebagai Pasar Harjamukti yang berlokasi di Jalan Kanggraksan, Kota Cirebon.

Koordinator Kegiatan Bank Sampah Berhadiah Emas, Surya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Radar Cirebon terhadap sampah yang menyasar para pedangang pasar dan juga ibu-ibu rumah tangga yang sedang berbelanja di pasar tersebut.

“Sasaran kita memang seluruh elemen masyarakat seperti, pedagang dan ibu-ibu yang punya sampah rumah tangga, seperti gelas plastik, kardus, kertas HVS atau LKS punya anak-anaknya bisa dijual ke kita,” ujar Surya.

Cara menjualnya juga cukuplah mudah, dengan membawa sampah tersebut saat Radar Cirebon Group Roadshow ke pasar-pasar setiap minggunya, ataupun bisa mendatangi langsung Graha Pena Radar Cirebon di Jalan Perjuangan Nomor 9. Nantinya juga, Grebeg Pasar akan terus dilakukan setiap minggunya.

“Kita lakukan dahulu di Cirebon. Nanti baru ke Kabupaten Cirebon, Indramayu, bahkan Brebes. Nanti jual 1 kilogram, dapat satu kupon plus uangnya. Tidak hanya dapat kuponnya saja tapi dapat uangnya juga,” terang Surya.

Sementara itu, Kepala PPH Suwira mengungkapkan, pihaknya sangat setuju dengan program yang dilakukan oleh Radar Cirebon Group tersebut. Apalagi dapat mengurangi sampah yang menumpuk di pasar-pasar dan juga memperindah tampilan pasar dari belenggu sampah.

“Ini juga program pemerintah untuk kebersihan. Kalau memang lancar masalah ini, setiap pedagang 1 kilogram menjual sampahnya ke Radar, insya Allah kalau sampai lancar pasar kita akan bersih. Bersih dipandang, indah juga dilihat,” ungkapnya.

Selain itu juga, pihak PPH sendiri sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang untuk menjualkan sampahnya di Radar Cirebon. “Sudah disosialisasikan ke pedagang. Harapan tambah maju, pasar tambah maju tambah bersih. Kalau bisa sering-sering diadakan,” tutupnya. (jrl)