Mobil Tutup Jalur Sepeda, Dishub akan Tata Parkir di Jalan Siliwangi

oleh -73 views
jalur-sepeda-jalan-siliwangi-kota-cirebon
Kendaraan parkir menutup jalan di Jalur Sepeda Jl Siliwangi Kota Cirebon. Foto: Dedi Haryadi/radarcirebon.com

CIREBON – Jalur sepeda Kota Cirebon di Jalan Siliwangi masih kerap dilanggar pengendara. Dinas Perhubungan (Dishub) berencana melakukan penataan parkir.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Drs Andi Armawan mengatakan, keberadaan jalur sepeda adalah upaya untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna sepeda dan meningkatkan keselamatan.

“Sudah jadi konsekuensi kami, akan terus kami lakukan koordinasi dengan UPT Parkir. Kalau perlu kita pasang water barrier,” kata Andi, kepada radarcirebon.com, Selasa (12/10/2021).

Diungkapkan dia, penataan parkir juga akan dilakukan dengan memasukan kendaraan ke kantung parkir. Misalnya di sekitar Pasar Kramat agar masuk ke jalanan di samping Bank BJB.

Kemudian parkir sepeda motor di Jl Siliwangi dan Jl Kartini masuk ke parkir basement Alun-alun Kejaksan.

Dengan adanya jalur sepeda di Jalan Siliwangi, badan jalan memang menyempit karena penempatan parkir yang digeser setelah garis jalur sepeda berwarna hijau.

Namun, hal itu sudah menjadi konsekuensi. Dan di kota-kota lain juga bisa diterapkan.

Diungkapkan Andi, jalur sepeda ini, awalnya berputar mulai dari Jl RA Kartini, Jl Siliwangi, Jl Slamet Riyadi, Jl dr Wahidin Sudirohusodo. Namun karena pandemi covid-19, sehingga baru bisa dibuat satu jalur. (rdh)

Baca juga: