4.143 Personel Amankan Pilwu Serentak Kabupaten Cirebon, Mulai Disebar

oleh -93 views
PASTIKAN AMAN: Apel gelar pasukan Operasi Sangkan Jati 2021 di Mapolresta Cirebon, Selasa pagi (12/10). FOTO: DOKUMEN POLRESTA CIREBON

CIREBON– Personel gabungan Polresta Cirebon, Kodim 0620, dan Satpol PP Kabupaten Cirebon akan diterjunkan untuk pengamanan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021.

Pasukan akan disebar ke 135 desa di Kabupaten Cirebon yang melaksanakan pilwu serentak pada November mendatang. Namun, dari jumlah tersebut, 112 desa yang masuk ke wilayah hukum Polresta Cirebon.

Sedangkan 23 desa lainnya berada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Mereka yang sudah disebar mulai siaga ke desa masing-masing untuk menjaga kondusivitas di wilayah yang melaksanakan pilwu.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman mengatakan dalam pengamanan ini terdapat 4.143 personel.

Mereka bakal diterjunkan untuk mengamankan seluruh tahapan pilwu tersebut.

“Kami pastikan seluruh personel telah siap untuk mengamankan Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon,” kata Arif Budiman.

Dijelaskan, dari 4.143 personel yang terlibat dalam pengamanan pilwu, antara lain 1.561 personel Polri dan 2.582 personel gabungan dari TNI, Satpol PP, Linmas, pemerintah kecamatan, dan lainnya.

Saat ini, tahapan Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon akan memasuki tahap seleksi akademis bagi desa yang memiliki bakal calon kuwu lebih dari lima orang.

“Ada beberapa desa yang akan melaksanakan seleksi akademis bagi bakal calon kuwu. Jadi personel sudah mulai kita siagakan untuk mengawal proses tersebut,” tandasnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: