China Pilih Mundur dari Babak Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia yang Untung?

oleh -1.302 views

JAKARTA – Ada kabar mengejutkan. China mengundurkan diri dari Kualifikasi Piala Asia 2022 U-23. Kondisi itu membuat Timnas Indonesia U-23 berpotensi cuma menghadapi Australia pada fase grup.

Laman china.zjol yang dikutip dari detik.com menyebut bahwa Federasi Sepakbola China (CFA) memutuskan tak menyertakan China pada kualifikasi mendatang. Pencegahan penularan Covid-19 serta pembatasan penerbangan menjadi beberapa alasannya.

Kondisi ini membuat Timnas U-23 cuma menyisakan satu lawan pada babak kualifikasi. Tergabung di Grup G, Timnas U-23 awalnya akan menghadapi China, Brunei, dan Australia. Tetapi, Brunei sudah lebih mengundurkan diri. Langkah itu kemudian diikuti China yang membuat Timnas U-23 kini cuma punya satu lawan, yakni Australia.

“CFA dalam pernyataannya mengumumkan pencegahan epidemi dan mengontrol pembatasan penerbangan, membuat China U-23 tak bisa pergi ke Tajikistan untuk berpartisipasi di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, sehingga secara terpaksa harus mengundurkan diri,” tulis laporan China.zjol dalam laporannya.

Sebelum mundur, China U-22 yang disiapkan untuk tampil sebenarnya sudah siap menggelar Pemusatan Latihan (TC). CFA menjadwalkan China U-22 menggelar TC pada 5-23 Oktober.

Setelah pengumuman undur diri, kini CFA cuma meminta China U-22 untuk menggelar persiapan lanjutan buat Asian Games 2022. Kebetulan China akan menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa Asia itu tahun depan.

Sementara itu, belum ada keputusan dan pengumuman resmi dari AFC terkait mundurnya China. Begitu juga dengan rencana lanjutan kualifikasi Grup G yang kini cuma menyisakan Indonesia dan Australia.

Sebelum China dan Brunei, Korea Utara dari Grup K juga sudah lebih dulu mengundurkan diri dari kualifikasi. Akibatnya Grup K yang awalnya cuma diisi tiga tim cuma menyisakan dua tim saja yakni Jepang dan Kamboja.

AFC sempat menggelar drawing ulang pada 11 Agustus lalu, merespons mundurnya Korut. Hasilnya, Hongkong dipindahkan dari Grup I ke Grup K. Drawing ulang kemungkinan akan kembali dilakukan AFC untuk memindahkan tim lain ke Grup G untuk menemani Indonesia dan Australia. Sebab, ketimpangan jumlah peserta grup akan merumitkan jatah lolos ke babak utama Piala Asia U-23 2022 yang akan digelar di Uzbekistan. (mid)