HUT Ke-76 TNI, Pererat Silaturahmi Melalui Menembak

oleh -27 views
AJANG SILATURAHMI : Lanal Cirebon menggelar kegiatan Coffee Morning disertai dengan kegiatan perlombaan menembak yang digelar untuk umum, jajaran Forkompinda Kota Cirebon, dan anggota TNI AL, Selasa pagi (12/10). FOTO : JERRELL ZEFANYA T/RADAR CIREBON

CIREBON – Dalam rangka menyemaraki HUT ke-76 TNI, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon mengadakan Coffee Morning.  Disertai pula lomba menembak eksekutif dan menembak reaksi di Lapangan Tembak Pistol, Kompleks Perumahan TNI AL Dewaruci, Jl Dr Cipto Mangunkusumo, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Selasa (12/10).

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera mengatakan, kegiatan tersebut diadakan semata-mata merupakan rangkaian HUT ke-76 TNI dan juga salah satu kegiatan untuk mempererat silaturahmi antara TNI, pemerintah, dan juga masyarakat.

“Kita adakan memang dalam rangka HUT TNI, diana kita melaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi antara Forkompinda Kota Cirebon, masyarakat Kota Cirebon, dan juga para pengusaha dengan kami TNI,” ujar Afif.

Kegiatan tersebut juga terbuka untuk umum, diikuti oleh sekitar 100 lebih peserta. Serta juga, para anggota TNI AL yang tergabung dalam Sarwajala Club TNI AL yang memang sudah rutin melakukan kegiatan latihan menembak.

“Kita juga punya klub namanya Sarwajala TNI AL. Klub ini sering latihan tapi tidak pernah ada event, apalagi saat pandemi Covid-19. Jadi memang kita adakan melihat situasi PPKM Kota Cirebon yang turun ke level 2. Kita adakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihak TNI AL juga sudah mempersiapkan beberapa senjata menembak yang akan digunakan oleh para peserta, selain peserta membawa senjata milik pribadinya sendiri. Sehingga, para peserta bisa lebih leluasa melaksanakan perlombaan tersebut.

“Untuk senjata ada Foglio, P2 Pindad, Sig Sauer, Revolver, Baretta, ada beberapa jenis lainnya. Jaraknya 20 meter dan 10 butir peluru,” jelas Afif.

Selain itu juga, terdapat setidaknya dua kelas yang diperlombakan, diantaranya menembak secara eksektutif dan juga tembak reaksi yang tentunya akan berbeda cara pelaksanaan perlombaannya. “Kalau tembak rekasi itu memang nanti objeknya bergerak, ada obstakelnya juga nanti,” tambah Afif.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut bisa terus memperkuat sinergitas yang sudah dijalin oleh TNI AL dengan berbagai pihak. “Mudah-mudahan bisa terus sinergis dengan TNI Angkatan lainnya, Polri, Pemerintah, dan juga masyarakat Kota Cirebon,” tutupnya. (jrl)