Kumpul di Yogyakarta, Inilah yang Dilakukan Para Wali Kota se-Indonesia

oleh -54 views
Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati menghadiri Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 di Jogja, Rabu (13/10). (Foto: Istimewa)
Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati menghadiri Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 di Jogja, Rabu (13/10). (Foto: Istimewa)

CIREBON – Kepala daerah se-Indonesia berkumpul kota Yogjakarta, dalam event Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

ISCFE 2021 merupakan satu rangkaian dengan kegiatan Rapat Kerja Teknis APEKSI 2021 sekaligus sebagai ajang membahas isu-isu terkini seputar Smart City.

Pada kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Cirebon Hj Eti Herawati bersama Asisten Administrasi, Asisten Pemerintahan, Kabag Pemerintahan, Kepala DKIS, Kepala BP4D dan Kepala DLH menghadiri kegiatan tersebut.

“Kami menghadiri ISCFE 2021 di Kota Yogjakarta. Acara ini juga dihadiri  kepala daerah beberapa kota di Indonesia. Dan agendanya ada ekspo juga yang selama ini tertunda sekarang dilakukan. Kemudian pameran  setiap kota dan kabupaten ada. Dan program-program kerja,” ungkap Wakil Wali Kota Cirebon Hj Eti Herawati dikonfirmasi radarcirebon.com, Rabu (13/10).

Dijelaskan Wawali, dalam kegiatan tersebut juga membahas soal pembangunan smart city.

“Kegiatan ini mengusung tema Membangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan bagi Penanggulangan Pandemi. Smart City adalah sebuah konsep kota pintar yang membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada dengan efisien,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Ma’ruf Nuryasa menuturkan, pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan program menuju Smart City.

“Efek pandemi ini bukan hanya dialami Kota Cirebon, tapi di seluruh kota-kota lainnya. Kami berencana tahun ini akan melakukan penyesuaian terhadap master plans Smart City,” tuturnya.

Ma’ruf menyebutkan, ada beberapa tema baru di dalam kegiatan Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021. Yang pertama terkait dengan bagaimana memaksimalkan potensi ekosistem untuk mewujudkan Smart City.

Kemudian yang kedua, bagaimana Smart City juga punya peran yang besar dalam mengelola pandemi Covid-19. Lalu yang ketiga, tema terkait dengan setelah pandemi akan ada prospek dari sisi pariwisata dan ekonomi.

“Jadi, tema besar itu yang sangat menarik yang saya kira nanti bisa diambil poin-poin positifnya untuk kota Cirebon,” sebutnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tokoh di antaranya Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian.

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Komunikasi dan Informasi RI Johnny Gerard Plate dan sejumlah pejabat negara lainnya. (rdh)

Baca juga: