Aliansi GMC Mengecam Tindakan Represif Aparat, Kapolres Cirebon Kota: Kami Dukung Tindakan Humanis

oleh -131 views
Perwakilan dari Aliansi GMC bersama Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar usai menggelar aksi solidaritas, Sabtu (16/10). (Foto: Jerell/Radar Cirebon)
Perwakilan dari Aliansi GMC bersama Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar usai menggelar aksi solidaritas, Sabtu (16/10). (Foto: Jerell/Radar Cirebon)

CIREBON – Aliansi Gerakan Mahasiswa Cirebon (GMC) mengecam keras atas tindakan represif dan brutalitas oknum polisi di Tangerang saat mengamankan aksi mahasiswa dalam menyampaikan pendapat dimuka umum.

Menurut perwakilan Aliansi GMC, Yuda Thomas bahwa penyampaian pendapat dimuka umum dilindungi oleh Undang-Undang. Namun, apa yang terjadi di Tangerang beberapa hari yang lalu adalah sebaliknya.

“Kita bisa lihat sendiri, teman-teman kita di Tangerang malah mengalami represi, bahkan brutalitas,” tuturnya.

Seharusnya, lanjut dia, polisi bisa mengayomi dan menjaga masyarakat. Tapi, yang terjadi adalah tindakan tersebut malah menyakiti hati para mahasiswa. “Dimana kawan-kawan kita dibanting, hingga akhirnya sekarang berada di rumah sakit,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Aliansi GMC minta kepada Kapolres Cirebon Kota menjamin kebebasan berpendapat dimuka umum agar tetap dilindungi dan dijaga. Serta, apa yang terjadi di Tangerang tidak akan terjadi di wilayah hukum Kota Cirebon.

Sementara, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar mengapresiasi atas aksi Aliansi GMC ini. Sebab, selain berjalan aman dan kondusif, rekan-rekan mahasiswa membagikan bunga sebagai bentuk solidaritas dan dukungan terhadap Polres Cirebon Kota.

“Mereka mendukung tindakan yang humanis dalam menyampaikan pendapat dimuka umum,” ucapnya.

Kemudian, Polres Cirebon Kota juga menyampaikan pernyataan sikap, yakni menolak adanya tindakan yang represif apabila aksi penyampaian pendapat dimuka umum sudah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, kepada seluruh anggota kepolisian, khususnya yang bertugas di wilayah hukum Polres Cirebon Kota agar senantiasa bertindak humanis dalam melayani masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Kapolres juga menghimbau kepada siapapun yang ingin menyampaikan pendapat dimuka umum, hendaknya harus mematuhi protokol kesehatan.

“Karena sekarang masih dalam pandemi Covid-19, mari kita sama-sama menjaga diri kita,” pungkasnya.

Perlu diketahui, aliansi GMC ini terdiri dari BEM IAIN Syeikh Nurjati Cirebon, BEM Universitas Muhammadiyah Cirebon dan BEM Stikom Poltek Cirebon.(jrl/radarcirebon)

Baca juga: