Juara Umum PON Papua, Ridwan Kamil: Jawa Barat Bukan Jago Kandang

oleh -66 views
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menemui Kontingen PON Jawa Barat di Rumah Makan Sendok Garpu Jayapura, Jumat (15/10). (Foto: Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menemui Kontingen PON Jawa Barat di Rumah Makan Sendok Garpu Jayapura, Jumat (15/10). (Foto: Biro Adpim Jabar)

JAYAPURA – Beli tomat ke Ujungpandang, Jawa Barat bukan jago kandang, itulah pantun yang diucapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dihadapan para wartawan, Jum’at (15/10).

Pantun tersebut merupakan ungkapan rasa gembira Ridwan Kamil atas prestasi yang diraih kontingen Jawa Barat yang berhasil menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua tahun 2021.

Tidak hanya menjadi juara umum, Jawa Barat juga berhasil mempertahankan gelar juara tersebut, karena pada gelaran PON ke-XIX yang berlangsung di Bandung pada tahun 2016, Jawa Barat juga menjadi juara umum.

Gubernur Jawa Barat tersebut merasa bahagia karena menjadi bagian sejarah Papua karena baru pertama kali menggelar PON. Jawa Barat adalah provinsi pertama yang juara di Papua.

Kemenangan ini juga menjadi catatan sejarah bangsa karena baru pertama PON digelar di masa pandemi Covid-19  dan Jawa Barat keluar sebagai juara umum.

“Ini peristiwa bersejarah, pertama kali PON diselenggarakan di tanah Papua dan berlangsung di masa Covid-19, khususnya ketika bangsa Indonesia setelah melewati gelombang kedua pandemi,” kata Ridwan Kamil.

Dia menuturkan, hasil ini merupakan perjuangan dan kerja keras yang luar biasa dari atlet, pelatih, tim, dan keluarga. Kemenangan ini hasil keringat, tangis, dan darah orang yang berkorban selama ini. Ini buah dari kerja keras, ketekunan dan kedisplinan serta kerja sama seluruh stakeholders olahraga di Jawa Barat.

“Ini bukan sekadar prestasi medali, namun bukti cinta  para atlet kepada Jawa Barat, buah dari ketekunan,” tutur Ridwan Kamil.

Oleh karena itu, pria yang biasa disapa Kang Emil ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh atlet dan ofisial yang telah berjuang meraih prestasi tertinggi di ajang olahraga nasional.

“Tentulah rasa terima kasih kepada para atlet dan ofisial. Saya juga ucapkan terima kasih kepada KONI Jawa Barat dan kota/kabupaten,” ucapnya.

Dijelaskan, untuk menghadapi PON Papua, pembinaan dan pelatihan para atlet telah dilakukan sejak Pelatda mulai 2019. Tapi, memasuki masa pendemi Covid-19, Pelatda sempat sedikit terpengaruh, tapi tetap berjalan dengan prokes ketat.

Alhamdulillah, dengan situasi yang ada, kami bersyukur para atlet dan pelatih bisa mencapai hasil yang diharapkan,” jelasnya.

Sementara, untuk PON XXI akan digelar di Medan dan Banda Aceh pada 2024 mendatang,  Ridwan Kamil optimistis Jawa Barat kembali mempertahankan gelar juara umum.

“Dengan materi atlet yang saat ini usianya muda-muda, saya optimistis PON XXI di Medan dan Aceh, Jawa Barat akan juara umum lagi,” tegasnya.

Dalam penutupan PON XX Papua 2021, Ridwan Kamil sengaja datang lagi ke Papua untuk menyaksikan upacara penutupan yang dipimpin Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Stadion Lukas Enembe secara langsung.

Dia pun berbagi kebahagiaan dengan atlet yang masih tersisa dan tentunya bersama masyarakat Papua.

“Saat Jawa Barat juara, pandemi sedang dalam tren menurun. Ini menjadi kado tambahan bagi warga Jawa Barat,” pungkasnya.

Perlu diketahui, PON XX Papua 2021 diikuti 34 provinsi dengan venue pertandingan di empat daerah, yakni Kota Jayapura 15 cabang olahraga (cabor), Kabupaten Jayapura 14, Mimika 9 cabor, dan Merauke 6 cabor. (jun)

Baca juga: