Ternyata Gunung Ciremai Punya 2 Kawah, Sunan Cirebon dan Bagian Timur

oleh -4.304 views
kawah-ganda-gunung-ciremai
Kawah ganda Gunung Ciremai. Sumber: KSDAE

KUNINGAN – Tak banyak yang menyadari sesungguhnya Gunung Ciremai memiliki dua kawah. Yang satu bernama Sunan Cirebon, juga ada Pangeran Talaga.

Kawah ganda pada bagian puncak juga kerap disebut kawah Barat dan Timur. Bagian barat berbentuk setengah lingkaran dan terpotong oleh bagian timur.

Pada tepi bagian barat ini terdapat bukit “lava” yang biasa disebut Sunan Cirebon pada ketinggian 3078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Inilah titik tertinggi gunung Ciremai. Masih pada bagian barat, ada satu lagi titik tertinggi ke dua yakni Pangeran Talaga dengan ketinggian 3058 mdpl.

Menurut catatan yang ada di buku pendakian gunung Ciremai, bagian barat terbentuk pada 1698. Sementara sisi timur terbentuk pada 1924.

Dilansir dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), kawah kedua atau di bagian timur yang usianya lebih muda ini berbentuk bulat. Di sini yang menjadi pusat aktivitas “vulkanologi” saat ini.

Ada dua bukit “lava” yaitu Lawang Gede dan Sunan Mataram pada ketinggian 3046 mdpl. Diameter terpanjang gabungan dua bagian tadi mencapai 841 meter.

Jarak terdekat dari dinding atas hingga ke dasar kawah mencapai 600 meter. Bila sudut bibir atas ke dasar 45,5 derajat dan sudut sebaliknya 44,5 derajat.

Berarti kedalaman kawah setidaknya mencapai 427,9 meter. Sementara untuk keliling area puncak ini, panjangnya dua kilometer dengan waktu tempuh satu hingga dua jam dari titik awal.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: