Viral! Video Ustaz Dicegat Begal, di Kantor Polisi Ngaku Settingan

oleh -1.004 views
ustaz-dicegat-begal
M. Nasihin ketika mengklarifikasi terkait videonya dibegal di wilayah Lampung. FOTO ANGGRI SASTRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID

VIDEO seorang ustaz dicegat begal sempat viral di medis sosial. Dalam narasi video tersebut, lokasi pembegalan terjadi di Lampung.

Tak tinggal diam, Polda Lampung langsung bergerak melakukan penyelidikan. Senin (25/10) Polda Lampung memanggil konten kreator M Nasihin (28) untuk menjelaskan kebenaran video tersebut.

Namun, dalam keterangannya di Polda Lampung, pria yang disapa Ustaz Nasihin menyatakan, video tersebut dibuat hanya settingan semata.

Baca juga:

Wanita Tionghoa Ditemukan Meninggal di Hutan Cikawung Indramayu, Tubuh Penuh Luka

NUChat, Aplikasi Media Sosial Punya Warga Nahdliyin, Berikut Keunggulannya

“Saya diundang di Polda Lampung dengan tujuan penjelasan untuk klarifikasi didalam channel (Youtube) saya terkait penayangan pembegalan. Padahal ditayangkan itu saya jelaskan merupakan edukasi atau jalur cerita yang saya buat. Artinya jalur cerita itu dibuat tujuannya untuk edukasi,” katanya, Senin (25/10).

Menurut M. Nasihin, dirinya kembali menegaskan konten videonya hanya cerita saja. Dan narasinya pun dirinya yang membuat. Peristiwa ‘pembegalan’ itu, lanjutnya, bukanlah nyata.

“Dan hanya gambaran saja agar berhati-hati ketika berpergian. Karena modus begal banyak sekali. Jadi ada orang yang mendowloand video saya dan dia membuat narasi palsu. Seolah dijalan dibegal. Dan dalam perjalanan saya dibegal di Lampung. Dan itu sama saja mengotori nama Lampung,” kata dia.

“Sementara Lamteng (Lampung Tengah) ini kan sudah ada Polisi bertugas untuk keamanan. Dan saya membuat video itu untuk edukasi. Artinya itu buatan sendiri. Untuk benarnya itu tidak benar. Jadi jangan dianggap serius. Bahwa itu pembegalan ada di Lampung,” tambahnya.