Masyarakat Jual 85 Kg Sampah, Jual ke Radar Cirebon Dapat Kupon Plus Uangnya

oleh -100 views
JUAL SAMPAH: Masyarakat dan pedagang Pasar Pagi menjual sampah di event Grebeg Pasar Bank Sampah Berundian Emas, Kamis pagi (4/11). FOTO: JERRELL ZEFANYA T/RADAR CIREBON

CIREBON- Radar Cirebon Group kembali menggelar kegiatan Grebeg Pasar Bank Sampah Berundian Emas, Kamis pagi (4/11). Tepatnya di Pasar Pagi yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Kegiatan tersebut disambut antusias masyarakat. Bahkan total sampah yang didapatkan Radar Cirebon mencapai 85 kilogram sampah.

Koordinator Kegiatan Bank Sampah Berhadiah Emas, Surya, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Radar Cirebon Group terhadap lingkungan. Dengan kegiatan ini, sampah dari para pedagang pasar dan juga ibu-ibu rumah tangga bisa dikumpulkan dan lebih bermanfaat.

“Alhamdulilah kita hari ini (kemarin, red) kunjungan ke-4 di pasar-pasar yang ada di Kota Cirebon. Antusiasnya baik sekali. Kami mendapatkan 85 kilogram. Nanti kita minggu depannya akan mengunjungi Pasar Gunungsari,” ujar Surya.

Dijelaskan Surya, ketika para pedagang ataupun ibu-ibu menjual sampahnya di Radar Cirebon maka sudah pasti mendapatkan uang hasil pembelian dan juga kupon undian yang nantinya akan diundi setiap tanggal 15 dan berkesempatan mendapatkan 1 gram emas untuk 3 orang pemenang.

“Kita menerima sampah-sampah seperti gelas plastik, kardus, kertas HVS atau LKS punya anak-anak. Itu bisa dijual ke kita. Jual 1 kilogram dapat kupon plus uangnya,” terang Surya.

Cara menjualnya juga cukup mudah. Yakni dengan membawa sampah tersebut saat Radar Cirebon Group roadshow ke pasar-pasar setiap minggunya, ataupun bisa datang langsung Graha Pena Radar Cirebon di Jalan Perjuangan Nomor 9.

Sementara Kepala Pasar Pagi, Herliyani,m enyambut baik

kegiatan jual sampah berhadiah emas. “Kami sangat berterimakasih sekali kepada Radar Cirebon. Mudah-mudahan acara ini berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan apapun. Kami lihat antusiasmenya juga tinggi,” katanya.

“Kegiatan ini harapannya harus berulang-ulang karena banyak para pedagang yang punya sampah yang bermanfaat itu agar tidak jauh menjual ke yang lain. Kami harap sesering mungkin pelaksanaannya,” sambung Herliyani.

Senada, Direktur Utama PD Pasar Berintan melalui Kasubid Pemeliharaan PD Pasar Berintan Asep Mugiyono mengungkapkan pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan Radar Cirebon Group. “Semoga lebih ditingkatkan lagi. Lebih banyak lebih bagus,” ungkap Asep Mugiyono. (jrl)