Panglima TNI Batu Loncatan Jenderal Andika Perkasa Menuju Capres 2024? Begini Kata Pengamat

oleh -217 views
jenderal-Andika-Prakasa-
Jenderal TNI Andika Perkasa mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). (Issak Ramdhani / fin.co.id)

JAKARTA – Jabatan panglima TNI bagi Jenderal Andika Perkasa dianggap bisa menjadi batu loncatan untuk pencalonan Presiden di Pilpres 2024.

Namun, bagi Pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, rumor itu hanya pendapat spekulatif.

Menurutnya, besarnya peluang Jenderal Andika Perkasa di Pilpres, sangat tergantung sejauh mana publik merespon sosoknya.

“Tapi sejauh ini, elektabilitas Andika sebagai capres masih sangat rendah” ujar Karyono Wibowo dikutip dari Antara, Senin (8/11/2021).

Dia menjelaskan, berdasarkan survei SMRC September 2021, elektabilitas Andika baru 1 persen, masih jauh di bawah tokoh-tokoh dari kalangan militer lainnya.

Bahkan, kandidat dari kalangan militer yang paling tinggi elektabilitasnya masih belum bergeser dari Prabowo Subianto yang mendapatkan dukungan 20,7 persen, menyusul Agus Harimurti Yudhoyono 4,5 persen dan Gatot Nurmantyo 1,7 persen.

Baca juga:

Menurut Karyono, modal elektabilitas 1 persen masih belum cukup untuk merayu partai politik agar mau mendukung Andika.

Oleh karena itu, untuk melaju sebagai kandidat presiden, Andika masih harus mendongkrak popularitas dan elektabilitasnya.

Karyono menjelaskan, posisi panglima TNI bukan jaminan bisa mendongkrak elektabilitas, terlebih masa jabatannya hanya satu tahun m

Berkaca dari dua mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Moeldoko, elektabilitasnya juga masih sangat rendah, belum beranjak dari 3 persen.