Baseball Porprov Jabar 2022 Terancam Tidak Dipertandingkan di Kota Cirebon

oleh -28 views
KONI Kota Cirebon
Sosialisasi dan sinkronisasi penyusunan perencanaan anggaran daerah tuan rumah Porprov Jawa Barat XIV/2022 digelar, Rabu (17/11). --FOTO: ABDUL HAMID/RADAR CIREBON

CIREBON-Cabang olahraga (cabor) baseball terancam tidak dipertandingkan di Kota Cirebon yang menjadi sub host Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV/2022. Informasi tersebut didapat pada kegiatan sosialisasi dan sinkronisasi penyusunan perencanaan anggaran daerah tuan rumah Porprov Jawa Barat XIV/2022 di Hotel Aston Cirebon, Rabu (17/11). Dalam kegiatan tersebut, hadir rombongan dari Panitia Besar (PB) Porprov Jabar XIV/2022, KONI Jawa Barat, KONI Kota Cirebon, serta perwakilan Pemerintah Kota Cirebon, dalam hal ini adalah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cirebon.

Seperti diketahui, Kota Cirebon dipercaya oleh Jawa Barat sebagai tuan rumah enam cabor. Keenam cabor tersebut adalah baseball, softball, panahan, tarung derajat, bulu tangkis, dan tenis meja. Kendala cabor baseball yakni sarana dan prasarana. Di Kota Cirebon, belum ada venue representatif untuk baseball.

“Itu kendala kami. Venue-nya belum ada. Kalau membuat venue baru, tentu harus ada anggaran yang tidak sedikit,” kata Kepala Dispora Kota Cirebon Sutikno.

PB Porprov Jabar XIV/2022 juga memahami itu. Makanya, ada usulan kalai cabor baseball digelar di luar Kota Cirebon. Contohnya di Kota Bandung, yang sudah punya lapangan bagus dan kategori layak.

Ketua Umum KONI Kota Cirebon, Hj Wati Musilawati mengapresiasi langkah PB Porprov Jabar XIV/2022 dan KONI Jabar dalam mendiskusikan penyelenggaraan antardaerah tersebut. Wati yang beberapa kali melakukan diskusi dengan Pemkot Cirebon, berharap agar surat keputusan (SK) penentuan tuan rumah Porprov Jabar 2022 bisa segera keluar. Sebab, tanpa SK dari gubernur Jabar, pihaknya tidak bisa leluasa untuk persiapan, khususnya soal anggaran yang nantinya dikucurkan dari Pemkot Cirebon.

“Selama ini kami hanya menerima SK dari KONI Jabar, bukan dari gubernur. Ini kendala kami dalam melangkah, dalam melakukan persiapan sebagai tuan rumah Porprov,” tegas Wati.

Sementara itu, Ketua PB Porprov Jabar XIV/2022 Muhammad Budiana menjelaskan, SK tuan rumah dari gubernur sedang on going. Sehingga, pihaknya melakukan sinkronisasi anggaran di setiap host Porprov. Salah satunya Kota Cirebon. “Mudah-mudahan SK tuan rumah Porprov dari Pak Gubernur segera turun,” harapnya.

Dalam sosialisasi dan sinkronisasi tersebut, disebutkan bahwa penyelenggaraan Porprov Jabar XIV tetap digelar pada tahun 2022. Bukan tahun 2023.

“Persiapannya enam bulan lagi. Kami optimis bisa menggelarnya di tahun 2022, lebih tepatnya pada bulan Juli 2022,” jelas pria yang juga menjabat sebagai ketua harian KONI Jawa Barat tersebut. (mid)