Persaingan Gelar Ballon d’Or 2021 Mengerucut kepada Tiga Nama

oleh -129 views
Jorginho
Jorginho

PARIS—Pada tanggal 29 November 2021, akan diumumkan pemenang Ballon d’Or 2021 di Teater Chatelet, Paris. Dari sejumlah media, persaingan pemenang penghargaan dunia itu sudah mengerucut kepada tiga nama. Yakni, Jorginho, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski. Sebelum mengerucut kepada tiga nama, 30 nominator Ballon d’Or 2021 sudah dirilis Oktober lalu.

Messi yang mencetak 38 gol dan 14 assist dalam 52 pertandingan musim lalu membantu Barcelona memenangkan Copa del Rey dan finis ketiga di La Liga. Berkat gol-golnya, ia juga menjadi top skor La Liga. Akan tetapi, alasan mengapa pemain Paris saint Germain (PSG) itu layak mendapatkan Ballon d’Or ketujuhnya tahun ini adalah karena pencapaian internasionalnya. Juli lalu, striker 34 tahun itu memimpin Argentina memenangkan Copa America 2020.

Trofi internasional besar pertamanya itu diraih Messi dengan penampilan spektakuler. Selain menjadi top skor sekaligus top assist dan meraih sepatu emas, Messi juga merengkuh gelar pemain terbaik turnamen. Inilah alasan mengapa Messi favorit pemenang Ballon d’Or tahun ini.

Meraih gelar Piala Eropa, Liga Champions, dan Piala Super Eropa menempatkan Jorginho sebagai penantang terkuat Messi. Sang gelandang bermain hampir di setiap laga dan menjadi sosok vital dalam sukses klub dan negaranya merengkuh gelar-gelar bergengsi tersebut.

Sebagai gelandang, tentu saja jumlah gol Jorginho tidak sebanyak Messi. Pemain 29 tahun itu musim lalu hanya mencetak delapan gol dan memberikan dua assist dalam 43 penampilan untuk Chelsea.

Sementara Lewandowski, penghargaan Ballon d’Or dianggap sebagai bentuk keadilan untuk kapten Polandia tersebut. Dengan 55 gol dalam 47 pertandingan dan treble winner bersama Bayern Munchen di musim 2019/2020, Lewy diklaim tanpa penantang tahun lalu. Sayangnya, pemberian Ballon d’Or ditiadakan karena Covid-19. (mid)