Sejarah Cadas Pangeran, Penghubung Cisarua hingga Karangsambung Cirebon

oleh -8.903 views
sejarah-cadas-pangeran
Jalan Cadas Pangeran tahun 1900. Foto via Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

Sejarah Jalan Cadas Pangeran kembali menjadi perbincangan pasca viral seorang Yana Supriyatna yang membuat setting dirinya hilang di kawasan itu.

YANA telah ditemukan. Kendati demikian, Cadas Pangeran juga masih terus diperbincangkan. Apalagi, kawasan itu dianggap angker, lantaran ketika pembangunannya memakan ribuan korban jiwa.

Cadas Pangeran diambil dari nama Bupati Sumedang, Pangeran Kusumadinata IX atau dikenal dengan Pangeran Kornel.

Kisah ini, menjadi bagian dari cerita rakyat tentang akai heroik. Dikisahkan Pangeran Kornel berani menghadapi Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels.

Rakyat Sumedang di bawah pimpinan Pangeran Kornel beserta segenap pembesar Sumedang lainnya melawan dengan gigih penindasan Belanda.

Terjadi pertempuran tidak seimbang. Belanda yang memiliki kekuatan tangguh menang. Pasukan Sumedang yang kekurangan persenjataan tumbang.

Pemberontakan Pangeran Kornel dipatahkan. Ratusan rakyat Sumedang tewas dibantai pasukan Belanda, termasuk Pangeran Kornel sendiri.

Kisah perlawanan ini, juga diabadikan pada patung yang berada di Jalan Cadas Pangeran. Kendati demikian, cerita ini masih perlu diverifikasi ulang.

Sebab, para sejarahwan berpendapat, ketika itu yang berkuasa di tanah Jawa sudah bukan Dandels lagi. Melainkan Sir Thomas Stanford Raffles.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: