Awas Kolesterol Tinggi, Jika Nyeri Kaki di Malam Hari

oleh -83 views
ilustrasi

KOLESTEROL tinggi tidak memiliki gejala, pemeriksaan kadar secara teratur sangat penting dilakukan. Menurut seorang ahli kesehatan, penyempitan pembuluh darah yang tersumbat oleh kolesterol bisa menimbulkan tanda-tanda tertentu di kaki, yang mungkin terjadi sepanjang malam. 

Kolesterol tinggi mengacu pada molekul lemak yang menumpuk di dinding arteri, menyebabkannya menyempit seiring waktu. 

Hal ini menimbulkan banyak komplikasi, karena darah yang membawa oksigen dan nutrisi tidak dapat mencapai organ yang membutuhkan. Semakin lama kondisi ini tidak diobati, semakin besar risiko stroke dan serangan jantung. 

Nyeri pada kaki

Sebagaimana yang dilansir Express, dokter Jeff Foster, dari H3 Health menjelaskan bahwa salah satu tanda kolesterol yang menyumbat arteri bisa muncul di kaki pada malam hari. 

Foster mengatakan anggota badan di bagian bawah tubuh dapat menjadi yang pertama untuk membunyikan alarm karena saraf di tungkai dan kaki lebih sensitif terhadap rangsangan sensorik. 

Selain itu dijelaskan bahwa yang mengisyaratkan penyempitan arteri sering terkonsentrasi di daerah ini, karena otot-otot kaki adalah yang pertama menderita kekurangan oksigen. 

“Awalnya saat arteri menyempit, rasa sakit muncul saat aktivitas karena otot kehabisan oksigen lebih cepat, tetapi semakin parah, rasa sakit bisa muncul di malam hari,” jelas dokter Foster. 

Tanda yang diberikan pun akan terlihat, Biasanya anggota badan atau kaki mulai pucat, lebih dingin, seperti tertusuk jarus, dan tidak ada denyut nadi. 

Sementara penyempitan arteri kaki merupakan tanda bahaya, penyumbatan arteri koroner merupakan ancaman terbesar. Dan tanda paling serius dari ini adalah rasa sakit yang tajam di dada. 

Sebenarnya, ketika arteri koroner menjadi sangat sempit, dapat menyebabkan angina ‘tidak stabil’ atau sindrom koroner ‘akut’. Bisa dikatakan ini pra serangan jantung, dan itu muncul pada saat istirahat atau malam hari.

Hal tersebut merupakan bendera merah dan perlu periksa ke rumah sakit. Karena jika arteri menutup sepenuhnya, akan menjadi serangan jantung. Dan itu dimulai dengan nyeri dada ringan, biasanya sisi kiri dan dapat menyebar ke lengan.

Cara menghindari kolesterol

Kolesterol umumnya dikaitkan dengan pola makan yang tidak sehat, dengan bukti yang menunjukkan lemak jenuh sebagai penyebab utama. Serat larut, dapat mengikat molekul kolesterol di saluran pencernaan dan menyeretnya keluar dari tubuh. 

Menghindari alkohol secara berlebihan sangat penting karena dipecah di hati dan dibangun kembali menjadi trigliserida, sehingga meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Satu lagi, diet sehat, dan olahraga teratur adalah kunci untuk menurunkan kolesterol LDL.(len/net)