Diprediksi hingga Akhir 2021, Capaian Ekspor Indonesia Tembus Rp2.852 Triliun

oleh -13 views
Ilustrasi truk mengangkut barang ekspor.

KEPALA Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan memperkirakan, ekspor Indonesia mencapai USD200 miliar atau sekitar Rp2.852 triliun (kurs Rp14.260 per dolar AS) pada akhir 2021.

“Diperkirakan sampai akhir tahun nilai ekspor bisa mencapai di atas USD200 miliar,” kata Kasan dalam acara webinar, Kamis (25/11/2021).

“Jika hal tersebut terealisasi, maka capaian tersebut hampir menyamai rekor tertinggi sejak 2011 lalu, sekitar USD203 miliar,” sambungnya.

Kasan menuturkan, sampai Oktober 2021, neraca perdagangan RI bisa melampaui USD30 miliar atau sekitar Rp428 triliun. Hal ini juga menjadi capaian terbesar sepanjang sejarah perdagangan luar negeri RI.

“sampai dengan Oktober, neraca kita bisa melampaui USD30 miliar dan mungkin ini capaian terbesar selama sejarah perdagangan luar negeri,” ujarnya.

“Di sisi lain, capaian ekspor bulanan di atas Rp22 miliar. Ini juga salah satu capaian tertinggi sepanjang catatan ekspor negara kita,” imbuhnya.

Menurut Kasan, selain harga komoditi, faktor pendorong dari capaian tersebut adalah struktur ekspor sendiri. Dalam hal ini, sektor manufaktur juga menjadi salah satu kontributor ekspor terbesar.

“Misalnya di luar batu bara dan CPO, saya kira sisanya hampir seluruhnya merupakan produk manufaktur seperti besi baja, elektronik, otomotif lalu kemudian produk kimia, alas kaki dan mesin dan alat listrik,” pungkasnya. (fin)