Pemkab Cirebon Dukung Kaum Perempuan Maju dan Terlibat Dalam Pembangunan

oleh -15 views
Bupati Cirebon Drs H Imron MAg tengah mendampingi Ketua Tim Verifikasi program terpadu P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat dr Siska Gerfianti saat acara Monev Akhir P2WKSS di Desa Wilulang Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon, Kamis (25/11/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Cirebon)
Bupati Cirebon Drs H Imron MAg tengah mendampingi Ketua Tim Verifikasi program terpadu P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat dr Siska Gerfianti saat acara Monev Akhir P2WKSS di Desa Wilulang Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon, Kamis (25/11/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Cirebon)

CIREBON – Peran perempuan sangat membantu dalam semua aspek kehidupan, khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon. Bahkan, pemerintah sekarang sudah tidak membedakan gender baik itu perempuan maupun laki-laki.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg saat membuka acara Monev Akhir P2WKSS di Desa Wilulang Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, hakikat dari program P2WKSS ini untuk meningkatkan peran serta perempuan dalam proses percepatan pembangunan, khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Jadi, keberpihakan pemerintah kepada kaum perempuan sangat besar sekali. Bahkan, sekarang semua peran yang biasa dilakukan laki-laki bisa juga dilakukan kaum perempuan,” tutur Bupati Imron.

Dia mengatakan, peran perempuan sangatlah penting dalam kehidupan bernegara. Sebab, hingga saat ini keterlibatan perempuan sangatlah nyata.

“Kita lihat di bidang politik, perempuan harus 30 persen walaupun yang menang di legislatif banyaknya laki-laki. Artinya, pemerintah memberikan keleluasaan bagi kaum perempuan karena semuanya mempunyai kedudukan yang sama,” ujarnya.

Selain itu, Imron melanjutkan, program P2WKSS ini untuk memberikan kesadaran kepada perempuan agar bisa berkiprah di dalam keluarganya.

Bagaimanapun mereka harus meningkatkan peran perempuan dalam kesehatan dan kesejahteraan keluarganya.

Bahkan, program P2WKSS di Desa Wilulang ini sangatlah tepat.  Sebab, Desa Wilulang kini sangatlah berubah setelah ada program P2WKSS ini.

“Bahwa Desa Wilulang dulunya desa yang tertinggal dan sampai terlihat kumuh. Tetapi hasil dari kerja kuwu, pengurus desa, masyarakat dan peran ibu-ibu dengan program P2WKSS akhirnya ada kesadaran bagaimana desa tersebut bisa bangkit dan maju sampai sekarang,” katanya.

“Di dalam verifikasi akhir P2WKSS ini saya berharap masyarakat bisa meningkatkan kesejahteraan, kesehatan dan peran wanita agar daerah maju serta masyarakat lebih sejahtera,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni SKM MKes mengatakan, Pemerintah Kabupaten Cirebon menunjuk Desa Wilulang Kecamatan Susukanlebak sebagai lokasi program terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2021.

“Ini bertujuan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat dan sejahteran serta meningkatkan kedudukan, peran dan kemampuan ketahanan mental dan spiritual kaum perempuan melalui kegiatan lintas sektoral bidang pembangunan pemberdayaan masyarakat pedesaan,” singkat Enny. (jun)

Baca juga: