Ada Varian Covid Omicron, Pemerintah segera Batasi Kedatangan WNA, dr Tirta: Emang Mau PPKM Level 4 Lagi?

oleh -110 views
dr-tirta-mandira-hudi
dr Tirta Mandira Hudi. Foto: Instagram

JAKARTA – Pemerintah Indonesia diminta untuk segera membatasi kedatangan warga negara asing (WNA) merespons kemunculan Varian Omicron, yang merupakan mutasi covid 19.

Permintaan dilakukannya pembatasan, agar varian ini tidak masuk Indonesia dan membuat penyebaran covid-19 di tanah air kembai memburuk.

“Sekedar informasi, Indonesia sudah membaik. Nggak ada salahnya kita jaga-jaga dan membatasi kedatangan WNA, agar nggak kebobolan covid Varian Omicron,” demikian disampaikan influencer kesehatan, dr Tirta Mandira Hudi, seperti dilihat radarcirebon.com, Minggu (28/11/2021).

Seperti diketahui, kasus covid-19 di sejumlah negara memang sedag naik drastis. Beberapa negara di Eropa bahkan mengalami gelombang keempat bahkan kelima.

Sementara di Afrika Selatan, dilaporkan kasus covid-19 melonjak 200 persen, ditengarai karena kemunculan Varian Omicorn.

Emang mau nanti kasus tiba-tiba naik, terus PPKM level 4 lagi? Kan boncos lagi. Lebh baik kita batasi dulu gate masuk WNA, sampai semua stabil,” tulisnya.

“Sekarang dah bisa pameran, hiburan, kerja 100 persen, PTM, emang mau balik ke level 4 lagi?” tanya dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR-RI Sufmi Dasco Ahmad meminta kepada Kementerian Kesehatan agar segera melakukan penelitian, mencari informasi dan data yang akurat perihal adanya varian virus baru atau B.1.1.529.

Pimpinan DPR itu juga mendesak pemerintah untuk sementara waktu melakukan pembatasan perjalanan terhadap Afrika Selatan dan negara-negara lain yang teridentifikasi.

“Saya pikir, hal ini penting untuk dilakukan sebagai upaya tindakan pencegahan, mitigasi dan melindungi rakyat Indonesia dari varian virus baru Covid-19”, kata Sufmi Dasco. (yud)

Baca juga: