CIREBON – Invitasi Atletik Pelajar Kabupaten Cirebon kembali digelar. Agenda yang awalnya digelar 16-18 November, diundur jadi 29 November sampai 2 Desember 2021. Pengunduran jadwal tersebut  karena rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 Tingkat Kabupaten Cirebon, sebelumnya tidak keluar.

Ketua 2 PASI Kabupaten Cirebon Drs Didin Jaenudin menjelaskan, tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon tidak mengizinkan Invitasi Atletik Pelajar digelar 16 hingga 18 November 2021. Namun sekarang izin sudah keluar, ditandai dengan pelaksanaan technical meeting di aula SMPN 1 Sumber, Sabtu (27/11).

“Semua persiapan, baik dari panitia maupun peserta, sudah dilakukan, dan tinggal pelaksanaan saja. Sekarang paling kita mengantisipasi cuaca saja, karena sedang musim hujan,” terang Didin.

Pengurus PASI Kabupaten Cirebon, H Dade Firdaus menambahkan, pelaksanaan Invitasi Atletik Pelajar Tahun 2021 merupakan yang ke-16. Sehingga, dia berharap, kualitas invitasi terus meningkat dan menghasilkan bibit-bibit atlet yang berkualitas.

Masih seperti pelaksanaan tahun 2020, invitasi atletik tahun ini juga masih diikuti peserta yang terbatas karena harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan. Untuk tingkat SD, diikuti 337 peserta, SMP 450 peserta, dan tingkat SMA diikuti 320 peserta.

“Ini hanya sepertiganya, biasanya peserta mencapai 3.000-an. Tapi bagi kami yang penting adalah kualitas, bukan kuantitas,” terang Dade.

Menurut Dade, ada beberapa pengurangan nomor pertandingan, menyesuaikan dengan aturan protokol kesehatan. Khususnya nomor estafet dan nomor jarak jauh. Seperti di tingkat SD yang hanya mempertandingkan nomor lari 100 meter dan 200 meter, lompat jauh, lempar lembing, dan tolak peluru. Sementara di tingkat SMP dan SMA ditambah dengan nomor lari 400 meter dan lempar cakram.

Meski tidak ada nomor estafet, namun seusai pelaksanaan invitasi akan dilaksanakan ekshibisi estafet 4×100 meter antara peserta invitasi melawan tim PASI Kabupaten Cirebon yang akan tampil di babak kualifikasi Porprov Jawa Barat 2021. Agenda ekshibisi tersebut akan digelar Kamis (2/12).

Selain ekshibisi, PASI Kabupaten Cirebon juga akan memberikan kadeudeuh kepada Erna Nuryanti, atlet Kabupaten Cirebon yang sukses menyumbangkan 1 medali emas dan 1 perak untuk kontingen Jawa Barat di PON XX/2021 Papua lalu.

“Ekshibisi dimaksudkan untuk memotivasi atlet pelajar agar bisa menjadi penerus atlet yang bakal membela Kabupaten Cirebon di ajang regional dan nasional. Pemberian penghargaan untuk Erna juga sekaligus memotivasi atlet pelajar,” pungkas Dade. (iim)