Wabup Ayu: Desa Durajaya Layak Menang Lomba PKK Tingkat Jabar

oleh -38 views
Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi saat menerima tim rechecking lomba Gerak Kesatuan PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat di Desa Durajaya, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Senin (29/11/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Cirebon)
Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi saat menerima tim rechecking lomba Gerak Kesatuan PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat di Desa Durajaya, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Senin (29/11/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Cirebon)

CIREBON – Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi membuka acara penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat  tahun 2021 di Desa Durajaya Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, Senin (29/11/2021).

Desa Durajaya merupakan wakil Kabupaten Cirebon untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Wabup Ayu mengatakan, kegiatan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan ini merupakan program pembangunan yang dilaksanakan secara terpadu antara semua pihak baik pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat sekitar.

“Di Desa Durajaya ini telah dilakukan rangkaian kegiatan pembinaan oleh tim pembina dari TP PKK Kabupaten Cirebon, begitu pun TP PKK Kecamatan, untuk menjadikan Desa Durajaya juara pertama pada lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Jabar,” katanya.

Ayu menyebut Desa Durajaya ini sangat layak untuk menjadi juara pertama tingkat Jawa Barat. Pasalnya, semua kategori penilaian sudah dilakukan di desa tersebut.

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi bisa disimpulkan bahwa masyarakat Durajaya ini sangat mendukung kegiatan ini. Kalau kita lihat bersama di Desa Durajaya masyarakatnya guyub-guyub. Kemudian lingkungannya yang asri, oleh karenanya kita dukung Desa Durajaya menjadi juara pertama,” katanya.

Ia menjelaskan, sampai saat ini terbukti peranan perempuan dalam pembangunan sangatlah banyak. Dilihat dari kemajuan dan keberhasilan.

“Saya selalu sampaikan bahwa perempuan ini harus cerdas. Karena  pertama kali pendidikan dilakukan oleh perempuan. Bagaimana kita bisa menghasilkan generasi emas kalau perempuannya tidak cerdas. Di PKK ini yang kita dapatkan kader-kader PKK cerdas dan mandiri,” kata Ayu.

Ia berharap kepada rombongan tim Rechecking Jawa Barat, Desa Durajaya bisa menjadi pemenang dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Jabar tahun 2021.

“Ke depan kalau Desa Durajaya menjadi juara pertama, diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada Kabupaten Cirebon yang lebih berprestasi lagi. Tidak hanya mendapatkan juara saja tetapi juga bisa mengubah pola pikir dan perilaku hidup bersih dan sehat lingkungan masyarakatnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil yang dibacakan salah satu perwakilan dari TP PKK Jabar, mengatakan, kegiatan Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Jawa Barat ini diikuti oleh TP PKK 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat.

Menurutnya, ada beberapa kategori penilaian lomba, yakni pengembangan kampung KB. Penilaian terkait perilaku hidup bersih sehat dan fokus di tatanan rumah tangga, serta lingkungan bersih dan sehat.

“Berdasarkan hasil penilaian dari laporan kabupaten dan kota yang kami terima. Kami menerapkan kabupaten/kota yang kami nilai baik dalam melaksanakan kegiatan Gerak Kesatuan PKK Bangga Kencana Kesehatan, salah satunya Kabupaten Cirebon. Rechecking ini diharapkan dalam memperoleh hasil terbaik tingkat Provinsi Jabar untuk semua kategori,” katanya. (jun/rls)

Baca juga: