Damkar Kota Cirebon Evakuasi Ular Lanang Sapi di Kanggraksan

oleh -3.070 views
damkar-kota-cirebon-evakuasi-ular
Petugas pemadam kebakaran melakukan evakuasi ular di Kanggraksan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

CIREBON – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon melakukan evakuasi ular lanang sapi di Kanggraksan, Kecamatan Harjamukti.

Laporan terkait keberadaan ular tersebut diterima petugas Damkar yang kemudian melakukan evakuasi sekitar pukul 19.20 WIB.

Adapun lokasi penemuan ular berada di Gang Tumenggung, Kelurahan/Kecamatan Harjamukti.

Sekadar informasi, ular lanang sapi juga kerap disebut ular tikus kepala tembaga. Sebaran reptil ini memang berada di wilayah tropis.

Ciri-ciri hewan melata tersebut diantaranya, bagian atas berwarna cokelat muda atau cokelat kekuningan, dengan dua pola garis berwarna hitam yang membentang di sisi badan.

Pada punggungnya juga terdapat bercak-bercak kecil berwarna keputihan. Bagian bawah tubuh berwarna keputihan. Kepalanya berwarna cokelat mengkilap menyerupai warna tembaga.

Ular sapi adalah salah satu jenis ular tikus yang sering berkeliaran di sekitar manusia. Walaupun begitu, ular ini sangat garang dan mudah marah ketika diganggu.

Apabila ular ini diancam atau diganggu, ular ini akan memipihkan lehernya dan melengkungkannya menyerupai bentuk huruf “S”, membuka mulutnya, lalu mengayun-ayunkan kepalanya.

Ular ini tidak berbisa, tetapi air liur di mulutnya mengandung bakteri sehingga dapat menyebabkan infeksi pada bekas gigitannya. (rdh/yud)

Baca juga: