Kedai Mang Amin Hadirkan Nasi Kuning Otentik

oleh -53 views
MENGGUGAH SELERA: Nasi Kuning rasa otentik sudah bisa dinikmati di Kedai Mang Amin. KHOIRUL ANWARUDIN/ RADAR CIREBON

CIREBON–  Sudah 30 tahun, Amin Bunyamin bergelut dengan usaha konveksi. Kini, dirinya banting setir membuka kedai nasi kuning. Usaha barunya ini, diharapkan dapat membantu kondisi perekonomian di masa pandemi seperti saat ini.

Amin baru mulai membuka kedai nasi kuningnya sejak Minggu (28/11). Sebelumnya, ia bergelut di bidang konveksi di Kota Bandung. Namun pandemi Covid-19 membuat usahanya terimbas. Ia pun memutuskan untuk kembali ke kampung halaman untuk membuka usaha nasi kuning bersama dengan istrinya.

“Saya mencoba untuk menjual nasi kuning dengan lontong sayur dan sebagainya yang sebelumnya sudah saya rintis,” ungkapnya.

Ya, sebelum hijrah ke Bandung, dirinya dan istri sempat merintis usaha nasi kuning. Usaha yang pernah ia lakoni tersebut, dicoba diangkat kembali dengan mempertahankan cita rasa nasi kuning yang otentik dengan penyajian yang lebih modern.

Berbagai kesulitan sudah ia alami. Mulai dari membuka warung kecil, hingga akhirnya berkembang dan makin banyak pelanggan yang datang. Sang ibu juga turut membantu usaha nasi pecel milik Suyitno. Dia memiliki resep yang berbeda dengan usaha pecel lainnya.

Selain nasi kuning, ia juga menyediakan menu lainnya seperti lontong sayur, semur jengkol, dan beraneka macam gorengan. Ia membuka kedai di Jalan Ciremai Raya Nomor 67 Perumnas Gunung, Kota Cirebon. “Keahlian istri saya memang di bidang kuliner nasi kuning. Itu yang saya coba saya kembangkan sekarang ini,” ungkapnya.

Amin mengaku bersyukur. Meskipun usahanya masih baru, tapi sudah diminati banyak orang. Pesanan demi pesanan ia layani dengan baik. Terlebih dengan harga yang terjangkau, ia bisa menjual puluhan porsi setiap paginya.

Kedai tersebut mulai ia buka sejak pukul 05.00 sampai dengan semua daganganya habis. Kendati begitu, dirinya bertekad untuk terus bekerja keras untuk memajukan usaha kedai nasi kuningnya. “Kita di sini menjual nasi kuning mulai dari nasi kuning mulai dari Rp8.000. Ada juga menu lauk lain seperti telur balado dan ayam rempah. Kami bersyukur, karena meskipun baru buka, tapi sudah cukup banyak pesanan yang masuk,” ucapnya. (awr/opl)