Wakili Kota Cirebon, Ketua RW 07 Kayuwalang Optimistis Juara Tingkat Jabar

oleh -27 views
Pkk-kampung-kayuwalang-kota-cirebon
Tim Recheking Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK Bangga Kencana Kesehatan dari Provinsi Jawa Barat melakukan peninjauan langsung ke RW07 Kampung Kayuwalang, Selasa (30/11/2021). FOTO:DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Kampung Keluarga Berencana Harmoni RW 07, Kampung Kayuwalang, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi mewakili Kota Cirebon sebagai finalis lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kampung Keluarga Berencana Harmoni RW 07, Kayuwalang, sebelumnya berhasil menjuarai tiga kategori yakni Kesatuan Gerak alias Kesrak, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta Lingkungan Bersih Sehat (LBS).

Untuk dapat menjuarai tingkat Provinsi Jawa Barat, Tim Recheking Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK Bangga Kencana Kesehatan dari Provinsi Jawa Barat melakukan peninjauan langsung ke RW07 Kampung Kayuwalang, Selasa (30/11/2021).

Baca juga:

“Ya hari ini (30/11/2021) Tim Recheking dari Provinsi Jawa Barat datang ke Kampung Keluarga Berencana (KB) Harmoni RW 07, Kayuwalang untuk melakukan penilaian. Karena Alhamdulillah Kampung Kayuwalang ini sebagai finalis lomba kesrak kampung KB tingkat Provinsi Jabar mewakili Kota Cirebon,” ungkap Dewi Puspitasari selaku Ketua RW07 Kampung Kayuwalang kepada radarcirebon.com, Selasa (30/11/2021).

Wanita cantik yang juga istri prajurit ini mengungkapkan, persiapan demi persiapan telah dilakukan untuk memenangkan lomba tersebut.

“Segala sesuatunya sudah kami persiapkan semua mulai buku-buku (literasi) yang menyangkut soal kampung KB, dan lainnya.Ya kami berharap RW07 Kampung Kayuwalang meraih juara tingkat Provinsi Jabar,” ujarnya.

Dewi menyebutkan, Tim recheking mengaku senang dengan hasil kreasi olahan ketahanan pangan di RW 07 Kampung Kayuwalang.

“Tadi Tim juri dan ibu sekda sangat senang dan memuji hasil kreasi olahan ketahanan pangan kami, seperti jus pokcoy lemon, cake puding pokcoy, dan pastri jamur keju. Ide-ide olahan ini dituangkan oleh kami agar mempunyai harga jual tinggi,” sebutnya.

Masih di tempat yang sama, Plt Lurah Karyamulya Wawan Gunawan kepada radarcirebon.com mengaku bangga RW07 Kampung Kayuwalang dapat mewakili Kota Cirebon di tingkat Provinsi Jabar.

“Kelurahan Karyamulya mewakili Kota Cirebon untuk mengikuti lomba kesrak (satuan gerak) Bangga Kencana atau dulu namanya Kampung KB di RW 07 Kayuwalang dan PHBS serta LBS. Hari ini (30/11/2021) dari tim penilai provinsi Jawa Barat melakukan recheking di Kampung Kayuwalang ini. Kami sih berharap kerja keras yang dilakukan oleh para kader, Kepala Puskesmas dan tim lain, kemudian LKK yang ada di Kelurahan karyamulya semua bahu-membahu memberikan yang terbaik agar kita mendapatkan hasil yang terbaik dari penilaian hari ini,” ucapnya.

Wawan menyebutkan, bahwa RW07 Kampung Kayuwalang mencetak sejarah lolos meraih Kesrak, PHBS, dan LBS.

“Kita hari ini mencatat sejarah bahwa Kota Cirebon baru kali ini tiga-tiganya lolos. Kita biasanya lomba itu misalnya contoh Kesrak nya saja yang lolos, PBHS nya tidak lolos. Dan hari ini kita PHBS nya lolos, LBS nya juga lolos dan Kesra pun lolos. Inilah sejarah yang kita ciptakan hari ini di Kelurahan Karyamulya,” pungkasnya. (rdh)