Realisasi Pengadaan Mata Uang Rupiah Digital Dipercepat

oleh -20 views
Ilustrasi

DIREKTUR Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Retno Ponco Windarti menyatakan, bahwa BI berencana mempercepat persiapan pengadaan mata uang rupiah digital di Tanah Air. Menurutnya, hal ini dilakukan guna menciptakan rupiah digital sebagai alat pembayaran yang sah mendampingi uang kartal jenis kertas dan koin.

“BI akan mempercepat persiapan penerbitan digital rupiah dan juga implementasi digitalisasi pengelolaan mata uang rupiah,” kata Retno, Rabu (1/12).

Retno menjelaskan, bahwa rupiah digital merupakan amanat yang diemban bank sentral untuk menciptakan digitalisasi mata uang menjadi Central Bank Digital Currency (CBDC).

“Kehadiran rupiah digital dinilai dapat mendukung akselerasi dan integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Indonesia,” ujarnya.

Bank sentral sendiri telah merencanakan digitalisasi rupiah dalam Visi Sistem Pembayaran Indonesia (2025). Visi tersebut berisi percepatan konsolidasi industri sistem pembayaran, kemudahan perizinan industri sistem pembayaran, pengembangan praktek pasar yang aman.

“Khususnya untuk memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan industri keuangan, dan percepatan digitalisasi rupiah,” pungkasnya. (der/fin)