Banjir Rob Desa Gebang Mekar Mulai Surut, Langganan Setiap Tahun

oleh -91 views
banjir-rob-gebang-mekar
Warga membersihkan sumbatan di saluran air pasca banjir di Desa Gebang Mekar. Foto: Deni Hamdani/Radar Cirebon

CIREBON – Banjir rob yang sempat merendam Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, mulai surut, Jumat (3/12/2021).

Menurut tokoh masyarakat setempat, Edi Samsuri mengungkapkan, setiap tahun kawasan tersebut kerap direndam banjir juga rob.

“Kalau banjir besar 5 kali setahun, kalau hujan terus menerus ya udah di sini naik,” kata Edi, kepada radarcirebon.com, saat ditemui di kediamannya.

Diungkapkan keponakan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rohmin Dahuri ini, air mulai naik di Gebang Mekar sekitar pukul 03.00 dini hari dan surut pukul 08.00 WIB.

“Ini satu blok yang kena banjir. Kedalaman sekitar 30-40 centimeter,” ucap Edi.

Dari pantauan radarcirebon.com, banjir rob di kawasan ini memang sudah mulai surut. Namun beberapa rumah warga masih tergenang karena air yang terjebak di cekungan.

Warga kini juga disibukan dengan aktivitas bersih-bersih rumah, setelah terendam banjir selama beberapa jam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Desa Gebang Mekar, Kabupaten Cirebon direndam banjir rob, Jumat pagi (3/12/2021). Nampak jalanan hingga rumah warga terendam.

Dalam laporan warga kepada Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, air menggenang di akses jalan desa.

“Desa Gebang Mekar banjir rob, Jumat, 3 November 2021,” demikian dilaporkan warga kepada Pusdalops BPBD.

Rob merendam kawasan ini, setelah sejak semalam hujan deras. Air naik ke permukaan juga disebabkan gelombang rob dari perairan pantai utara Cirebon. (den/rdh)

Baca juga: