BREAKING NEWS! Gunung Semeru Meletus, Warga Berhamburan Cari Perlindungan

oleh -1.725 views
Penampakan awas panas dari proses erupsi Gunung Semeru. (Foto: jawapos.com)
Penampakan awas panas dari proses erupsi Gunung Semeru. (Foto: jawapos.com)

LUMAJANG – Salah satu gunung vulkanik di Indonesia, yakni Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pada siang hari.

Kemudian, pada pukul 15.00 WIB, gunung tertinggi di Jawa Timur kembali meletus.

Warga yang berada di sekitar lereng gunung lari berhamburan keluar rumah.

Sanhaji, salah satu warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo,Kabupaten Lumajang mengungkapkan, awalnya terdengar suara letusan beberapa kali.

Warga setempat menganggap hal itu biasa. Namun, letusan akhirnya disertai awan panas yang membumbung cukup tinggi.

“Sekitar jam 13.00, ada aliran lahar dingin kecil. Di sekitar Curah kobokan. Tetapi, aliran semakin besar dan ada suara letusan beberapa kali. Suaranya seperti guntur dan petir. Setelah tahu Gunung Semeru meletus, warga langsung mengungsi,” ungkapnya yang dikutip dari jawapos.com.

Dia menambahkan, warga mengungsi di sejumlah tempat. Sebab, hujan abu mulai turun. “Di sini listriknya padam juga,” tambahnya.

Sementara itu, beberapa kecamatan di sekitar lereng Gunung Semeru juga ikut mengungsi ke tempat aman. Abu juga menyelimuti bangunan dan lingkungan sekitar.

Sementara, berdasarkan keterangan dari BPBD yang dikutip dari jawapos.com membenarkan adanya letusan Gunung Semeru. Namun, sampai dengan saat ini masih mengumpulkan informasi.

Sebelumnya, meletusnya Gunung Semeru sudah ramai di media sosial. Sejumlah warganet juga melaporkan adanya erupsi dan awan panas yang muncul di sekitaran Gunung Semeru dengan membagikan berbagai video amatir maupun foto di sosial media.

Selain itu tersebar juga video amatir yang menampakkan Gunung Semeru memuntahkan awan panas. Video rekaman tersebut tampak warga berlarian menjauhi awan panas dari Gunung Semeru. (jun/jp)

Baca juga: