Cegah Penyebaran Omicron, Waspadai Bule dan TKI yang Balik ke Indonesia

oleh -19 views
Ilustrasi.

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk mewaspadai Covid-19 dengan varian Omicron. Pasalnya Singapura telah mengungumkan ada kasus tersebut di negaranya. Untuk itu, Presiden Jokowi meminta untuk mengawasi benar-benar pintu masuk di setiap perbatasan baik itu, jalur darat, laut dan udara.

Pasalnya virus tersebut dibawa oleh orang-orang asing (bule) dan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang kembali ke tanah air.

“Karena yang membawa bisa orang-orang asing, bule-bule. Tapi juga bisa WNI kita sendiri. Utamanya tenaga kerja kita dari luar waktu masuk kembali pulang kampung,” ujar Jokowi saat memberikan arahan kepada Kesatuan Wilayah Tahunan 2021 di Kabupaten Badung, Bali, Jumat(3/12).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan varian Omicron lebih cepat menular dibandingkan dengan varian Delta. Sehingga dia meminta masyarakat untuk hati-hati.

“Ingat, varian Delta itu menyebar di Indonesia dalam waktu 2-3 minggu semua langsung kena. Ini lebih cepat. Meskipun belum final, perkiraan lima kali lipat lebih cepat,” katanya.

Jokowi juga meminta kepada jajarannya untuk hati-hati terhadap varian Omicron ini. Pasalnya sudah ada laporan bahwa varian tersebut sudah ditemukan di 29 negara.

Menurut Jokowi, adanya virus korona ini bisa mengancam stabilitas ekonomi, kesehatan dan politik. Sehingga munculnya varian Omicron di banyak negara harus disikapi dengan sungguh-sungguh.

“Hati-hati ini. Karena efeknya ke mana-mana. Ke ekonomi. Hati-hati. Kalau kesehatan, sampaikan terus kepada masyarakat. Karena yang namanya pandemi ini bisa berefek ke beberapa negara itu ke ekonomi jatuh. Ekonomi jatuh itu bisa berimbas ke pada politik, hati-hati. Hati-hati,” pungkasnya.

Adapun, Organisasi kesehatan dunia atau WHO pada Jumat (26/11) mengumumkan bahwa varian baru Covid-19 yang ditemukan di Afrika Selatan dinamai Omicron. Varian ini, yang tadinya disebut B.1.1.529, digolongkan ke dalam kategori variant of concern karena ia menular lebih cepat ketimbang varian lain.

Omicron adalah varian Covid-19 kelima yang digolongkan sebagai variant of concern oleh WHO atau diwaspadai. Berdasarkan penelitian, varian ini menyebar lebih cepat ketimbang varian lain dan ini menunjukkan ia berkemungkinan memiliki kelebihan dalam hal penyebaran. (jp)