Mengenal Pemeriksaan Ultrasonografi

oleh -29 views
dr Dewi Kurniawati Sp Rad

PEMERIKSAAN Sonografi atau ultrasonografi merupakan pemeriksaan pencitraan yang menggunakan gelombang suara untuk memproduksi suatu citra / gambar dari organ tubuh. Alat ultrasonografi. Ini menggunakan sebuah tranducer yang akan mengkonversi aliran listrik menjadi gelombang suara yang dikirimkan ke organ tubuh.

Gelombang suara tersebut akan dipantulkan kembali oleh tubuh ke tranducer yang akan mengkonversi kembali gelombang suara menjadi sinyal elektrik. Komputer pada alat ultrasonografi akan mengubah pola sinyal elektrik menjadi suatu gambar yang ditampilkan pada monitor. Alat ultrasonografi tidak menggunakan radiasi selama pemeriksaan.

Pemeriksaan ini berguna untuk menunjang diagnosis dari permasalahan yang terdapat di dalam organ tubuh. Selama ini masyarakat lebih mengenal pemeriksaan sonografi untuk pemeriksaan kehamilan. Pemeriksaan ultrasonografi saat ini tidak hanya untuk pemeriksaan kehamilan, tapi digunakan untuk menunjang diagnosis pada berbagai kelainan / penyakit pada organ tubuh baik pada bayi, anak dan dewasa,  seperti organ perut, dada, tiroid, payudara, testis, otot-otot kaki dan tangan, termasuk pemeriksaan otak /kepala pada bayi baru lahir. Pemeriksaan ultrasonografi juga dapat digunakan  untuk menunjang prosedur tindakan seperti biopsi tumor, biopsi jaringan maupun evakuasi cairan tubuh seperti kasus efusi pleura,  asites. Pemeriksaan ultrasonografi juga dapat menunjang diagnosis pada kasus yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Persiapan yang dibutuhkan bergantung pada organ-organ tubuh yang diperiksa. Pada pemeriksaan yang berkaitan dengan organ di dalam perut biasanya memerlukan persiapan puasa 5-6 jam sebelum pemeriksaan. Pada pemeriksaan organ-organ seperti kandung kemih atau kandungan terkadang memerlukan persiapan seperti minum yang banyak dan menahan kencing. Namun pemeriksaan organ-organ lainnya pada umumnya tidak memerlukan persiapan secara khusus.

Prosedur pemeriksaan ultrasonografi pada umumnya pasien diposisikan sesuai kebutuhan pemeriksaan yang dilakukan, misal terlentang, duduk atau bahkan berdiri. Dokter akan menggunakan gel sebagai perantara antara alat dengan tubuh yang diperiksa, yang berfungsi untuk meneruskan gelombang suara dari alat ke tubuh kita. Gel yang digunakan berbasis air sehingga mudah dibersihkan. Gel ini tidak akan meninggalkan noda pada baju.

Keuntungan dari pemeriksaan ultrasonografi adalah pemeriksaannya cepat, tersedia luas di berbagai fasilitas Kesehatan, dan harganya relatif terjangkau. Pemeriksaan ultrasonografi juga tidak menggunakan radiasi, sehingga aman bagi ibu hamil.

Hasil pencitraan dari pemeriksaan ultrasonografi akan diinterpretasi oleh seorang dokter Spesialis Radiologi. Hasil pencitraan ini dikembalikan kepada dokter klinisi yang meminta, dan dokter tersebut yang akan menjelaskan hasilnya kepada pasien. Jadi apabila membutuhkan pemeriksaan ultrasonografi, maka pasien dapat mengkonsultasikan dengan dokter yang merawat. (*)

Oleh: dr Dewi Kurniawati Sp Rad