Curah Hujan Tinggi, Kelurahan Kesenden Siaga

oleh -78 views
kelurahan-kesenden-rawan-bencana
Lurah Kesenden menunjukkan titik-titik rawan bencana alam di wilayah Kelurahan Kesenden, Minggu (5/12/2021). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Curah hujan yang terus meningkat di bulan Desember 2021 ini, membuat Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon siaga.

Mengantisipasi adanya bencana alam berupa banjir maupun puting beliung dan lainnya, Kelurahan Kesenden kembali mengaktifkan posko siaga penanganan bencana.

Posko ini sendiri terletak di ruang posko Covid-19 lantai satu kantor Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon.

“Posko ini sebenarnya sudah ada sejak sebelum pandemi Covid-19, nah karena hujan saat ini turun setiap hari dan kemarin terjadi bencana pohon tumbang akibat puting beliung dan banjir di Kota Cirebon, maka posko bencana ini kembali kami aktifkan,” ungkap Lurah Kesenden Ruliyanto kepada radarcirebon.com, Minggu (5/12/2021).

Menurut Ruli, pihaknya telah melakukan pemetaan sejumlah titik di wilayah Kelurahan Kesenden yang rawan bencana alam.

“Kami sudah melaksanakan pemetaan wilayah yang berpotensi bencana di wilayah Kelurahan Kesenden. Hal ini bertujuan untuk mempermudah akses koordinasi antara masyarakat dengan kami (kelurahan) serta instansi lain,” ujarnya.

Ruli menyebutkan, tercatat sebanyak 11 RW se-Kelurahan Kesenden yang rawan bencana alam.

“Dari 11 RW yang ada di kami (Kelurahan Kesenden), tercatat 2 RW di Kampung Samadikun yakni RW 10 dan 11 masuk dalam daerah rawan banjir. Untuk RW lainnya masih terus kami pantau. Apabila ada kerwanan bencana alam, pihak RW maupun RT untuk segera berkoordinasi dengan kami (kelurahan) agar langsung kami tindaklanjuti segera. Kasie trantib sudah saya perintahkan untuk selalu stanby di posko apabila situasi cuaca mendadak ekstrem,” sebutnya.

Ditanya terkait bencana hujan deras disertai angin puting beliung beberapa hari lalu di kota Cirebon, Ruli mengatakan, tidak ada kerusakan maupun pohon yang tumbang di wilayah Kelurahan Kesenden.

“Alhamdulillah untuk kejadian hujan deras dan angin puting beliung kemarin di wilayah kami tidak ada wilayah yg terdampak. Bahkan tidak ada pohon yang tumbang dan lainnya. Meski demikian, kami mengimbau kepada masyarakat se-Kelurahan Kesenden untuk tetap waspada dan segera lapor kepada kami jika terjadi bencana,” pungkasnya. (rdh)

Baca juga: