Survei Bloomberg: Ketahanan Covid-19 Indonesia Tempati Ranking Kedua Terakhir, Di Bawah Malaysia

oleh -26 views

SURVEI yang dilakukan Bloomberg menempatkan Indonesia pada peringkat kedua terendah dari 53 negara dalam ketahanan menghadapi pandemi Covid-19. Peringkat terakhir ditempati Filipina, sementara Malaysia berada di posisi ke-50, disusul Vietnam di peringkat 51.

Sementara itu, Singapura berada di peringkat 37, jauh lebih tinggi dari RI. Thailand juga termasuk dalam negara Asia Tenggara yang memiliki peringkat cukup baik, yakni di 47.

Bloomberg menempatkan Uni Emirat Arab menjadi negara dengan ketahanan Covid-19 tertinggi. UEA berhasil memertahankan kenaikan angka kasus harian Covid-19 dari 100 sejak pertengahan Oktober. Kematian akibat Covid-19 di UEA juga jarang terjadi.

Chili dan Finlandia berada di urutan kedua dan ketiga. Kedua negara ini memiliki tingkat vaksinasi yang tinggi dan membuka perbatasan mereka untuk pengunjung.

Data ketahanan Covid-19 yang dibuat media itu mengukur seberapa efektif sebuah negara menangani pandemi virus corona dengan pergolakan ekonomi dan sosial yang paling sedikit.

Data tersebut disusun menggunakan 12 indikator, yakni penahanan virus, kualitas perawatan kesehatan, cakupan vaksinasi, kematian keseluruhan, dan perkembangan untuk memulai kembali perjalanan.

Bloomberg melaporkan, Indonesia dan Filipina masih mengalami kekurangan skor vaksinasi. Kedua negara ini hanya memberikan kurang dari 100 suntikan vaksin per 100 orang, yang menjadi penghalang utama skor mereka.

Mengutip Our World in Data, Singapura menjadi negara Asia Tenggara tertinggi yang berhasil memvaksinasi banyak penduduknya. Sebanyak 92 persen penduduk negara itu telah mendapatkan dosis lengkap vaksin Covid-19.

Menyusul Singapura, Brunei Darussalam berada di peringkat kedua dengan 80 persen penduduk negara itu sudah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Sementara itu, Malaysia berada di peringkat keempat dengan 78 persen populasi di sana sudah mendapatkan dosis lengkap vaksin virus corona. Vietnam menyusul dengan 55 persen populasi negara itu sudah divaksinasi lengkap.

Indonesia berada di urutan ketiga terbawah se-Asia Tenggara terkait populasi penduduk yang telah divaksin. Hanya 36 persen penduduk RI yang telah mendapatkan dosis lengkap.

Meski demikian, luas wilayah dan warga Indonesia yang cukup banyak juga dapat memengaruhi pembagian vaksin di RI.(rmol)