Paiggio dan Autoliv Kembangkan Airbag Untuk Sepeda Motor

oleh -13 views
Produsen sepeda motor asal Italia Piaggio Group sedang berkolaborasi dengan Autoliv untuk mengembangkan airbag pada kendaraan roda dua tersebut. (Foto: Istimewa)
Produsen sepeda motor asal Italia Piaggio Group sedang berkolaborasi dengan Autoliv untuk mengembangkan airbag pada kendaraan roda dua tersebut. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Kantung udara alias Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan pada mobil. Namun, beberapa tahun belakangan, pabrikan sepeda motor dari berbagai negara juga sedang mencari cara untuk menerapkan fitur tersebut di tunggangan mereka.

Pasalnya, di setiap negara, khususnys negara berkembang, sepeda motor menjadi salah satu penyumbang angka kematian terbesar akibat kecelakaan di jalan raya.

Autoliv, perusahaan yang fokus dalam sistem keselamatan otomotif bersama Piaggio Group, sedang berkolaborasi untuk mengembangkan sebuah airbag bagi sepeda motor.

Airbag akan dipasangkan pada rangka kendaraan dan akan mengembang dalam hitungan milidetik. Penambahan fitur Airbag akan menjadi langkah yang luar biasa.

Ditambah, saat ini skuter dan sepeda motor saat ini dilengkapi dengan sistem keselamatan canggih, seperti ABS (Antilock Braking System) dan ASR (Anti-Slip Regulation).

“Autoliv berkomitmen pada visi kami untuk menyelamatkan lebih banyak jiwa dan menyediakan solusi keselamatan kelas dunia untuk mobilitas dan masyarakat. Oleh karena itu, kami mengembangkan produk yang secara khusus melindungi pengguna jalan yang rentan,” kata Mikael Bratt, CEO dan Presiden Autoliv.

Autoliv bekerja dengan Piaggio Group untuk mengembangkan produknya secara lebih lanjut dan potensi untuk mengomersialkan konsep tersebut. (jun/jp)

Baca juga: