Keraton Kasepuhan Mau Dipindah ke Kuningan, Begini Perkembangan Petisi yang Digalang SKC

oleh -3.520 views
keraton-kasepuhan-cirebon
Wisatawan berfoto di depan Keraton Kasepuhan Cirebon Foto: Dok/radarcirebon.com

CIREBON – Pemerintahan Keraton Kasepuhan Cirebon akan dipindah ke Kabupaten Kuningan oleh Pangeran Kuda Putih atau Sultan Sepuh Jaenudin II Arianatareja.

Sekertaris Buhun Santana Kesultanan Cirebon (SKC), Raden Hamzaiya dalam petisi yang digalang seminggu terakhir menyatakan, penggalangan dukungan adalah untuk pengosongan Keraton Kasepuhan.

Menurut Hamzaiya, Kabupaten Kuningan akan menjadi pusat Kesultanan Keraton Kasepuhan Cirebon yang dipimpin Sultan Sepuh Jaenudin II Arianatareja.

Pemindahan ini, bukan tanpa alasan. Untuk sementara waktu, SKC meminta agar Keraton Kasepuhan dikosongkan oleh pemerintah.

“Kami akan terus menjalankan kegiatan adat tradisi kesultanan Keraton Kasepuhan di wilayah Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Raden Hamzaiya menuturkan, Kabupaten Kuningan merupakan sebuah wilayah kekrabatan atau family dari Keraton Kasepuhan.

“Sama halnya seperti Republik Indonesia memindahkan ibukota sebagai sistem pusat pemerintahan dari Jakarta ke Yogyakarta,” katanya.

Lalu, bagaimana dengan petisi yang digalang oleh SKC?

Dilihat di laman Change, sejak dibuka pada 6 hari yang lalu, baru ada 41 orang yang menandatangani petisi itu, dari target 100 orang.

“Polemik yang terjadi di Keraton kasepuhan kian mengkhawatirkan, deklarasi Sultan Sepuh Jaenudin II Arianatareja menjadi langkah pembuka mengawali adanya pembenahan tata kelola yang ada di Keraton Kasepuhan. Setujui petisi ini untuk menuntut kepada pihak pemerintah terkait untuk segera mengaudit Keraton Kasepuhan dan mengosongkan Keraton Kasepuhan,” demikian tertulis dalam keterangan petisi itu. (rdh)

Baca juga: