Begini Kata Menag, Soal Pelaksanaan Ibadah Haji 2022

oleh -37 views
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bahwa penyelenggaraan ibadah haji 2022 masih belum menemukan titik terang. Dikatakannya hingga saat ini belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi.

“Kepastian penyelenggaraan ibadah haji, ada atau tidaknya ibadah haji pada 2022, apakah ada atau tidak ibadah haji belum dapat diperoleh,” dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR RI, Senin (17/1).

Pemberian izin penyelenggaran ibadah haji berasal dari Pemerintah Arab Saudi. Menag menyampaikan, pemerintah akan terus melakukan koordinasi untuk dapat memastikan terselenggaranya kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Identitas Pengendara Motor yang Terlindas Truk di Jalan Evakuasi, Warga Depok Kabupaten Cirebon

“Itu adalah kewenangan Pemerintah Arab Saudi, tapi kita terus berkoordinasi untuk memastikannya,” jelasnya.

Meski demikian, pemerintah terus melakukan persiapan jika sewaktu-waktu ada kabar baik terkait pelaksanaan ibadah haji. Khususnya terkait dengan perolehan kuota yang disediakan.

Namun, untuk perjanjian kerjasama (MoU) kedua pihak masih belum mendapatkan kejelasan. Pihak Saudi masih belum mau membeberkan apakah akan ada kuota haji pada 2022 ini.

BACA JUGA:Nama Ibu Kota Negara Baru: Nusantara, Pengganti Jakarta

Padahal biasanya MoU dilaksanakan pada Desember sampai awal Januari. “Pemerintah Arab Saudi belum bisa berbicara banyak soal itu, belum adanya pembicaraan ini bukan hanya kepada Indonesia saja, tapi juga negara lain yang menyelenggarakan ibadah haji,” tandas Menag.(jp)