Dibuang Prabu Siliwangi, di Mana Makam Nyi Subang Larang?

oleh -18.430 views
makam-nyai-subang-larang
Situs Nyi Subang Larang.

CIREBON – Makam Nyi Subang Larang menjadi pertanuaan banyak pihak. Sosok istri dari Prabu Siliwangi yang sangat dicintai, namun ia dibuang karena ketahuan beragama Islam.

Lalu, di mana makam dari Nyi Subang Larang yang merupakan ibu dari Pangeran Walangsungsang itu?

Hingga saat ini diketahui ada Situs “Nyai Subang Larang di Subang” yang sering juga disebut-sebut sebagai “Makam Nyai Subang Larang”.

Lokasinya di Kawasan Teluk Agung yang terletak di Desa Nanggerang Kecamatan Binong Kabupaten Subang.

Kawasan yang juga dikenal Astana Panjang atau Muara Jati ini merupakan saksi sejarah riwayat perjalanan hidup seorang tokoh legendaris wanita tatar Pasundan (kini Jawa Barat—red) pada sekitar abad 16-17 masehi.

Menurut Carita Purwaka Caruban Nagari (CPCN), Subang Larang bernama asli Kubang Kencana Ningrum. Nyai Subang Larang lahir pada 1404 M dan wafat tahun 1441.

Sementara ada kisah lain menyebutkan Subang Larang wafat pada usia 40 tahun. Dengan demikian mestinya ia wafat pada tahun 1444.

Meskipun diklaim sebagai makam Nyai Subang Larang dan menjadi wisata religi, namun secara pasti kebenaranya masih diragukan sebagian pihak.

Terlebih hingga saat ini belum ada catatan sejarah yang disertai bukti ilmiah yang mendukung Nyai Subang Larang dimakamkan di tempat itu.

Hanya beberapa jejak kehidupannya saja yang dapat ditelusuri berdasarkan catatan sejarah yang juga masih terbatas. (yud)

Baca juga: