Isu Upin Ipin Kisah Nyata dari Indonesia Gara-gara Makam, Les Copaque Angkat Bicara, Begini Katanya

oleh -2.819 views
makam-upin-ipin
Seorang warga di kuburan Upin dan Ipin yang berlokasi di pekuburan umum Kelurahan Layana Indah, Kota Palu, Selasa (18/1). Foto: Syahril

JAKARTA – Isu Upin Ipin kisah nyata dari Indonesia viral di media sosial, diawali dari TikTok. Sebuah unggahan makam saudara kembar di Kota Palu, Sulawesi Tengah, kemudian berkembang menjadi beragam narasi.

Bahkan disebutkan Upin Ipin adalah kisah nyata dari Indonesia, dan hal itu menjadi jawaban mengapa kedua adik kakak kembar itu tidak dewasa.

“Upin dan Ipin tidak bertumbuh dewasa karena sudah meninggal tahun 1995 dan 1996,” tulis keterangan video yang viral itu.

Namun, rupanya itu hanya karangan belaka. Meski tak sedikit yang akhirnya terpancing dan mempercanyai.

Pembuat dan produser cerita Upin dan Ipin, Les Copaque sampai angkat bicara.

Mereka menegaskan bahwa tokoh di serial kartun itu sebatas khalayan dan tidak terkait dengan siapapun yang masih hidup, maupun telah meninggal dunia.

“Upin dan Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production,” demikian keterangan tertulis itu.

Ditegaskan pula bahwa nama, tokoh dan peristiwa, tidak diambil atau diinpirasi dari kisah siapa pun yang masih hidup mahupun yang telah tiada.

“Ide asal cerita Upin dan Ipin adalah dari Hajah Ainon yang juga pelakon suara Opah.”

“Setiap cerita yang ditulis bukan sahaja mudah difahami tetapi juga sarat dengan mesej yang bermanfaat,” demikian keterangan Les Copoque.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: