Prihatin dengan PSSI, Mantan Pemain PSGJ Siap Jadi Ketua Askab

oleh -819 views

CIREBON – Munculnya sejumlah tokoh untuk mencalonkan diri jadi Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Cirebon, direspons positif. Yang terbaru, adalah mantan pemain PS Gunung Jati (PSGJ) Cirebon era 1980-2000an. Dia adalah H Suwanto, menyatakan siap untuk maju dalam bursa pencalonan.

Pemilihan ketua Askab sendiri digelar pada Kongres Luar Biasa (KLB), yang rencananya dilaksanakan pada bulan Desember 2022 mendatang.

BACA JUGA:Nekat Lompat ke Sungai Cisanggarung Padahal Tak Bisa Berenang, Lalu Hanyut dan Tenggelam

Suwanto mungkin terasa asing bagi sebagian penggiat sepak bola di Kabupaten Cirebon. Pria yang akrab disapa Tojol tersebut merasa prihatin dengan perkembangan sepak bola di Kabupaten Cirebon. Makanya, dia ingin memperbaiki kondisi persepakbolaan Kabupaten Cirebon.

“Ada nuansa kemunduran dari sepak bola Kabupaten Cirebon. Saya menilai, ini adalah kesalahan dari sistem pembinaan dan kompetisi,” ujar Suwanto.

BACA JUGA:

BACA JUGA:Momen Itong Isnaeni Hidayat Sebut KPK Omong Kosong saat Konferensi Pers

Dia bercerita, era 1980-2000, adalah masa keemasan sepak bola Kabupaten Cirebon. Pada periode itu, prestasi Kabupaten Cirebon banyak dibicarakan orang. Yakni, tim kebanggaan masyarakat Kabupaten Cirebon lolos ke Divisi II.

“Pembinaan pemain juga cukup baik. Makanya, nanti, saya akan mengajak seluruh pecinta sepak bola untuk bersama-sama menghidupkan kompetisi. Mulainya adalah dari bawah, yakni dari tingkat kecamatan,” katanya.
Kenapa di tingkat kecamatan? Suwanto menyebut bahwa tingkat grassroot sangat penting. “Sangat disayangkan jika daerah seperti Kabupaten Cirebon yang luas, tidak memanfaatkan kompetisi dengan baik,” jelasnya.
Target Suwanto adalah memiliki tim kelompok usia yang berkiprah, serta berprestasi di tingkat nasional. (mid)