Tempat Istirahat Prabu Siliwangi di Kuningan, Melepas Penat di Darmaloka

oleh -7.098 views
tempat-istirahat-prabu-siliwangi-di-kuningan
Objek Wisata Darmaloka Kabupaten Kuningan. Foto: M Taufik/Dok/Radar Kuningan

Ikan Desa Bisa Pindah ke Cibulan

Menurut cerita, Prabu Siliwangi sering singgah di Darmaloka untuk melepas penat.

Kisah lain justru berbeda. Menurut sejarah, Balong Kramat Darmaloka dibangun oleh seorang utusan Sunan Gunung Jati bernama Syeh Rama Haji Irengan, sekitar tahun 1670 Masehi.

Nama Darmaloka berasal dari kata Darulmai yang berarti Nagara Cai atau Negara Air karena sebagian besar sumber air di Kabupaten Kuningan berasal dari Darma.

Konon, kolam tersebut dibangun hanya dalam kurun waktu satu malam saja, bersamaan dengan dibangunnya beberapa kolam lain yang serupa di Kabupaten Kuningan.

Yaitu Balong Dalem dan Balong Cibulan di Jalaksana, Balong Cigugur dan Balong Kramat Pasawahan.

“Pembangunan kolam-kolam tersebut sebagai cendera mata untuk Sunan Gunung Jati atas tugas penyebaran Agama Islam di Kabupaten Kuningan. Secara harfiah, jumlah lima kolam sebagai simbol mengingatkan warga Kuningan tentang lima waktu salat,” tutur Juru Kunci Obyek Wisata Damaloka Ading.

Menurut Ading, Kolam Darmaloka adalah yang pertama dibangun oleh Syeh Rama Haji Irengan bersama para sahabatnya yang dilanjutkan empat kolam lain di Kabupaten Kuningan.

Konon Balong Darmaloka dibuat utusan Sunan Gunung Jati tersebut untuk pembibitan ikan Kancra Bodas yang kemudian disebar ke empat kolam lain tadi untuk pembesarannya. (fik/yud)

Baca juga: