Geram! Buang Sampah di Empang Samadikun, Kadis LH Kota Cirebon Akan Tindak Tegas

oleh -171 views
Kadis LH Kota Cirebon Kadini didampingi Lurah Kesenden Ruliyanto meninjau lokasi tumpukan sampah di Kampung Samadikun, Kelurahan Kesenden, Senin (24/1/2022). (FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM)
Kadis LH Kota Cirebon Kadini didampingi Lurah Kesenden Ruliyanto meninjau lokasi tumpukan sampah di Kampung Samadikun, Kelurahan Kesenden, Senin (24/1/2022). (FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM)

CIREBON – Masih menumpuknya sampah di Balong (kolam) milik warga sepanjang Kampung Samadikun, RW10-11, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon membuat Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kota Cirebon, Kadini geram.

Didampingi Lurah Kesenden Ruliyanto, Kadis LH Kadini melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi tersebut.

Pantauan radarcirebon.com, tumpukan sampah tersebut dari pinggir jalan hingga tumpah ke empang warga.

Padahal, DLH Kota Cirebon sudah memasang plang papan peringatan agar tidak membuang sampah sembarang di lokasi tersebut.

“Sebagai langkah pencegahan, kami bersama Satpol PP akan melakukan operasi sampah. Sedangkan waktunya masih dirahasiakan,” kata Kadis LH Kadini di sela-sela sidak, Senin (24/1/2022).

Kadini menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada warga yang membandel buang sampah sembarangan.

“Perda Nomor 4 Tahun 2018 tentang pengolahan sampah dengan ancaman denda Rp 50 ribu akan kami tegakan sebagai efek jera bagi yang masih bandel membuang sampah sembarangan,”tegasnya.

Kadini menyebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh lurah di wilayah Pesisir Pantai Kota Cirebon untuk mendata para pemilik balong yang banyak sampahnya.

“Minggu depan kami akan mengundang para Lurah terlebih dahulu, baru pemilik kami panggil untuk diberikan pengarahan dan sosialisasi terkait sampah,” sebutnya.

Sementara itu, Lurah Kesenden Ruliyanto menyatakan mendukung langkah DLH Kota Cirebon dalam menangani persoalan sampah di balong milik warga Kampung Samadikun.

“Kami pada prinsipnya siap membantu menyukseskan apa yang menjadi program Dinas Lingkungan Hidup dan yang menjadi visi misi Pemerintah Kota Cirebon dalam rangka mewujudkan Kota Cirebon bebas dari sampah. Kami dari Kelurahan Kesenden sudah melakukan pendataan terhadap pemilik balong atau lahan,” ujarnya.

Mantan ajudan Wali Kota ini menuturkan, menumpuknya sampah di balong sudah banyak dikeluhkan masyarakat.

“Ya tentu kalau keluhan-keluhan dari masyarakat sudah ada. Tapi kami juga berharap ada solusi yang memang betul-betul solutif,” pungkasnya. (rdh)

Baca juga: