Hasil Piala Asia Wanita 2022: Indonesia vs Thailand, Skor 0-4

oleh -62 views

MUMBAI – Lagi, Indonesia kalah di Piala Asia Wanita 2022. Itu setelah pada laga kedua pada Grup B, Indonesia kalah oleh Thailand, Senin (24/1). Berlangsung di Stadion DY Patil Sports, Mumbai, India, Indonesia kalah telak 0-4.

Sebelum bentrokan ini, kedua tim sama-sama merasakan kekalahan pada awal kiprahnya di Piala Asia Wanita 2022. Garuda Pertiwi, julukan timnas putri Indonesia, takluk dengan skor mencolok dari Australia yakni 0-18, Jumat (21/1). Sementara pada hari yang sama, timnas putri Thailand menyerah dengan skor tipis 0-1 menghadapi Filipina.

Menghadapi Thailand, pelatih timnas putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada melakukan berbagai rotasi pemain. Dibandingkan kala bersua Australia, kini pemain seraya Zahra Muzdalifah dan Viny Silfianus tidak lagi dipercaya menjadi starter.

Timnas putri Indonesia coba mengambil inisiatif serangan langsung saat laga dimulai, namun mengalami kebuntuan. Setelahnya, timnas putri Thailand mampu mendominasi penguasaan bola, meski juga masih belum bisa memecah kebuntuan. Pada menit ke-10, Kanyanat Chetthabutr punya peluang emas, sebab tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper, tapi bola masih tinggi di atas gawang.

Empat menit berselang, di tengah kepungan para pemain Thailand, kiper timnas putri Indonesia, Fani Supriyanto, melakukan penyelamatan untuk memotong bola umpan silang.

Pada menit ke-20, gawang timnas putri Indonesia kembali selamat berkat aksi Fani di bawah mistar yang melakukan tip bola sehingga masih mengenai mistar.

Gol akhirnya diciptakan Thailand pada menit ke-27 melalui Kanyanat Chetthabutr setelah memanfaatkan skema sepak pojok.

Tertinggal 0-1 membuat timnas putri Indonesia bereaksi untuk coba keluar menyerang setelah sebelumnya terus dipaksa menjaga pertahanan oleh lawannya.

Kendati begitu, Thailand tak tinggal diam. Sebab, tidak mengendurkan intensitas tekanan dan melanjutkan dominasi penguasaan bola.

Pelatih Rudy Eka kemudian melakukan dua pergantian langsung, menarik Marsela Yuliana dan Insyafadya Salsabillah serta memasukan Zahra Muzdalifah dan Carla Pattinasarany.

Tapi tak lama berselang, Thailand malah menciptakan gol kedua melalui skema serangan cepat yang diakhiri dengan baik oleh Kanyanat Chetthabutr pada menit ke-36.

Tertinggal 0-2 belum bisa membuat Garuda Pertiwi terlecut dan berbalik mengancam. Tekanan memang terus diberikan oleh para pemain lawan.

Pada penghujung babak pertama, Thailand punya peluang emas, tapi bola masih membentur tiang. Skor 0-2 pun bertahan saat turun minum.

Memasuki babak kedua, Rudy Eka langsung menarik keluar Shalika Aurelia dan memasukan Rani Mulyasari. Kendati begitu, timnas putri Thailand masih tepat mendominasi permainan, menguasai bola, mengepung pertahanan Indonesia dan melancarkan serangan demi serangan.

Pada menit ke-56, Kanyanat Chetthabutr nyaris mencetak hattrick setelah sukses lolos dari jebakan offside. Beruntung Fani masih tampil apik untuk mengamankan bola.

Namun penyelematan tersebut harus dibayar mahal. Sang kiper mesti ditarik keluar akibat cedera dan digantikan oleh Riska Aprilia.

Peluang dimiliki Carla Pattinasarany di menit ke-65 melalui serangan balik cepat, tapi sayang bola sepakannya masih melenceng dari gawang.

Setelah terus mendominasi, Thailand bisa mencetak gol ketiganya pada menit ke-71, lagi-lagi melalui Kanyanat Chetthabutr, lewat sepakan dari luar kotak penalti.

Garuda Pertiwi kembali kemasukan pada menit ke-76 melalui spekulasi yang dilakukan oleh Irravadee Makris yang sepakannya serupa melakukan umpan silang.

Hingga unggul 4-0, timnas putri Thailand masih belum mengendurkan tekanan dan gelombang serangan ke pertahanan Indonesia.

Meski begitu, hingga peluit panjang akhir laga ditiupkan wasit, tak ada lagi gol yang tercipta. Timnas putri Indonesia harus puas takluk empat gol tanpa balas. (mid)